Cara Membuat Jamu Temulawak


Nama temulawak sering juga dijadikan guyonan. Inilah bukti bahwa temulawak itu cukup populer. Khasiatnya memang luar biasa. Bentuknya seperti kunyit tetapi baunya sangat khas. Ini adalah tanaman asli dari tanah air. Cara membuat jamu temulawak pun tidak harus diparut. Cukup diiris tipis, jemur selama 2 hari. Setelah kering, rebus dalam waktu 10 menit atau hingga sari patinya keluar.

Kalau ingin langsung diminum tanpa ditambah dengan apa pun, tidak menjadi masalah. Tetpai kalau ingin dicampur dengan gula jawa dan daun pandan, rasanya pun akan semakin nikmat. Temulawak ini mampu mengurangi pembengkakan. Itulah mengapa temulawak diyakini bisa menyembuhkan penyakit maag.

Khasiat lainnya adalah mengurangi bau anyir darah haid. Bau badan pun bisa diatasi kalau senang minum ramuan ini. Tetapi efek sampingnya adalah nafsu makan bisa bertambah. Temulawak memang digunakan sebagai salah satu bahan campuran obat menambah nafsu makan untuk anak-anak.

Ibu yang sedang menyusui pun cukup baik kalau senang minum ramuan temulawak karena produksi ASI akan meningkat. Khasiat lainnya adalah mengatasi penyakit ginjal, hepatitis, demam, pegal linu, dan lain-lain.

Dihaluskan Dengan Blender

Campuran ramuan jamu temulawak lain yang bisa dicoba adalah tambahkan kencur, asam, dan jinten. Temulawak dan kencur diiris lalu disangrai. Setelah itu semua campuran itu dihaluskan dengabn menggunakan blender. Sisihkan campuran ini. Sementara itu, masak gula merah atau gula aren dengan daun pandan. Setelah air manis ini matang, campurkan ramuan temulawak ke dalam air manis itu.

Selanjutnya tinggal dihidangkan. Kalau ingin dingin, cukup dengan menambahkan beberap potong batu es. Bau ramuan temulawak ini sangat khas tetapi tetap harum. Anak-anak yang terbiasa dengan jamu temulawak biasanya akan senang minum ramuan satu ini. Khasiatnya sangat baik untuk stamina.

Orang yang akan lembur dan membutuhkan tenaga lebih banyak, perlu mencoba menjaga staminanya dengan ramuan ini. Tapi memang harus hati-hati. Jangan terlalu sering meminumnya karena berat badan akan terus meningkat. Makan akan terasa begitu nikmat. Makanan jenis apa saja akan masuk ke dalam perut.

Cara membuat jamu temulawak yang begitu mudah ini perlu dipraktikan beberapa kali dalam satu bulan. Hal ini agar hasil dari minum ramuan tersebut bisa dirasakan. Staminapun tetap terjaga.

Selanjutnya : Cara Membuat Jamur Crispy
Sebelumnya: Cara Membuat Jamu Kunyit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar