Cara Membuat Jamu Tradisional Kunyit Asem


Cara membuat jamu tradisional kunyit asem, yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahannya. Tentukan mau sebanyak apa jamu kunir asem atau kunyit asam yang akan dibuat. Misalnya untuk satu keluarga, mungkin dibutuhkan jamu sebanyak satu liter.

Yang dibutuhkan tentunya kunyit dengan rimpang yang besar agar mudah diparut. Selain itu, siapkan asam Jawa dan gula Jawa serta gula pasir. Kedua, gunakan air matang untuk memeras kunyit dan asam Jawa.

Bahan Pembuat Jamu Tradisional Kunyit Asam

Cara membuat jamu tradisional kunyit asam sebanyak satu liter tadi, awalnya kunyit sebanyak  200 gram dibersihkan. Jangan lupa asam Jawa sebanyak 100 gram. Agar rasanya tidak aneh, tambahkan gula pasir 100 gram dan garam secukupnya.

Ada juga yang menggunakan madu sebagai pengganti gula Jawa dan gula pasir. Setelah diparut, kunyit diberi air secukupnya dan diambil sari patinya. Begitu juga dengan asam Jawa. Rendam dahulu asam Jawa tersebut selama 15 menit. Setelah itu peras dan ambil sarinya.

Campurkan air perasan dari kunyit dan asam Jawa. Tambahkan gula Jawa dan gula pasir dan didihkan. Setelah semua bahan mendidih dan bercampur, tiriskan. Biasanya gula Jawa sedikit bercampur dengan bahan pembuatnya sehingga harus disaring. Jika tidak mau menggunakan gula, cukup didihkan air kunyit dan asam Jawa saja. Jangan terlalu lama karena nanti jamu menjadi terlalu kental.

Cara Menyajikan Jamu Kunyit Asam

Menyajikan jamu tradisional satu ini cukup mudah. Masukan ke dalam gelas dan tambahkan air es bersama dengan batu es. Minum saat dingin agar rasanya tetap segar. Sediakan air penawar bau kunyit yang tidak terlalu banyak disuka. Cara membuat air menawar ini cukup dengan menggunakan jahe dan gula merah. Tidak perlu menambahkan daun pandan karena rasanya dan baunya akan berbeda.

Setelah minum jamu kunyit asam, minum air penawar yang terasa segar dan hangat. Sebaiknya kalau menggunakan air penawar ini, tidak usah menambahkan es ke dalam jamu. Rasa asam yang pas di lidah akan membuat ramuan ini menjadi minuman herbal nan menyehatkan.

Manfaat jamu kunir asem atau kunyit asam ini cukup banyak. Di antaranya adalah memperlancar luruhnya darah haid. Selain itu, jamu ini bisa digunakan sebagai obat amandel karena mengandung antiinflamasi atau antiradang. Cara membuat jamu tradisional kunyit asem yang tidak merepotkan ini, hendaknya bisa menjadi penyuntik semangat untuk meramunya sendiri.

Selanjutnya : Artis Berpenampilan Vulgar
Sebelumnya: Cara Membuat Foto Menjadi Bagus dengan Photoshop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar