Cara Membuat Jus Mengkudu


Ketika begitu banyak promosi tentang khasiat buah mengkudu, lalu banyak juga pengusaha yang membuat minuman berbahan dasar mengkudu termasuk jus mengkudu. Sayangnya cara membuat jus mengkudu dengan cara fermentasi itu malah membuat jus mengandung alkohol.

Inilah yang membuat jus mengkudu menjadi haram diminum. Bahkan ada produk jus mengkudu di pasaran yang mengandung alkohol hingga 20%. Orang yang pernah mencicipinya merasakan tubuhnya hangat seperti setelah minum minuman keras. Kalau jus mengkudu yang dijual dengan harga jutaan, itu mungkin merupakan jus mengkudu yang sebenarnya.

Apa yang Baik?

Untuk mencegah diri dari minum jus mengkudu fermentasi yang mengandung alkohol, sebaiknya membuat jus mengkudu sendiri. Caranya adalah pilih buah mengkudu yang sudah matang. Campur dengan buah-buahan lain agar bau mengkudu yang khas itu tidak terlalu terasa.

Buah yang digunakan sebagai bahan campuran bisa apel atau anggur. Rasa asam dari kedua jenis buah ini akan membuat jus semakin segar. Tambahkan gula sedikit saja karena sebenarnya buah-buahan itu telah mengandung glukosa yang cukup. Blender mengkudu dan bauh-buahan itu. Tambahkan sedikit es batu agar lebih segar. Langsung habiskan jus itu dan jangan dibiarkan berada di ruang terbuka karena bisa menimbulkan efek fermentasi yang artinya bisa tercipta alkohol.

Kalau jus mengkudu berbau sangat khas –asam menyengat. Itu mungkin adalah efek dari kandungan alkohol. Jangan diminum. Minuman mengkudu yang sudah dikemas dalam kodak, kalau dibuka akan mengeluarkan suara berdesis dan berbau sangat khas. Inilah tanda kalau minuman itu telah mengandung alkohol yang cukup tinggi. Bukannya menyehatkan tetapi malah memabukan.

Resep Jus Mengkudu yang Lain

Demi mendapatkan khasiat mengkudu yang sebenarnya, ada lagi resep jus mengkudu yang lain. Caranya mengkudu tidak dicampur dengan bauh-buahan lain. Tetapi cukup dengan menambahkan sirup dan sedikit gula agar bau mengkudu menjadi tidak terlalu membuat niat minum jus mengkudu menjadi berkurang. Blender mengkudu. Setelah itu segera minum agar tetap segar.

Demi menjaga diri dari terminum mengkudu yang mengandung alkohol, sebaiknya tidak mudah percaya dengan minuman mengkudu yang dijual di pasaran. Kalau pun sudah membelinya, sebaiknya waspada pada saat membuka kemasan jus. Cara membuat jus mengkudu yang salah malah akan sangat membahayakan. Tetap hati-hati.

Selanjutnya : Cara Membuat Kapasitor
Sebelumnya: Cara Membuat Jamur Crispy
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar