Cara Membuat Kapasitor


Fungsi kapasitor adalah  untuk menahan arus berlebih dan dan menstabilkan arus listrik. Harga kapasitor tidak terlalu mahal. Mulai dari yang 10.000uF untuk 50 Volt, hanya sekira 15 ribuan. Kalau ukuran uF lebih tinggi hingga 15.000, harganya kurang lebuh 40 ribu. Cara membuat kapasitor tidak bisa dikatakan mudah. Apalagi bagi orang awam walaupun sesungguhnya kapasitor ini bisa ditemukan di peralatan rumah tangga, seperti pada AC, mesin cuci atau pun mesin pompa air.

Mengurangi Arus

Dengan adanya kapasitor pada peralatan itu, arus listrik bisa terkurangi sehingga listrik menjadi lebuh stabil. Terkadang orang memasang kapasitor sendiri untuk mengurangi pemakaian listrik. Tapi dengan adanya listrik pra bayar, seharusnya pemakaian listrik memang bisa dihemat. Misalnya saja rumah tipe 36 dengan peralatan listrik standar, bisa menggunakan pulsa sebanyak 3 ribu rupiah per hari. Mungkin juga bisa kurang dari itu.

Jika ingin membuat kapasitor sendiri, peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, seperti,   sekrup, botol, aluminium foil, air panas, garam, dan lem listrik. Tentu saja kapasitor buatan sendiri ini mungkin tidak bisa berfungsi sebaik kalau membeli kapasitor yang sudah dibuat oleh pabrik. Meskipun demikian, sebagai bahan percobaan, hal ini tidak menjadi masalah. Siapa tahu akan bermanfaat pada suatu hari kelak.

Langkah awal adalah membuat sumber listrik dengan menggunakan sekrup yang terbuat dari metal dan botol bekas minum yang cukup besar sekira 2 liter. Setelah sekrup dimasukan ke dalam botol, lalu aluminium foil diikatkan di tengah-tengah botol. Agar tidak bergeser, lem saja aluminium dengan lem listrik.

Bila sudah selesai, tegakkan botol dan isi dengan garam. Setelah itu, masukan air panas secara perlahan karena takut botol malah menciut. Jangan lupa untuk menutup botol. Percobaan akan berhasil setelah sambungan sekrup yang diarahkan ke kutub positif dan aluminium foil mengambil sisi kutub negatif , mampu menyalahkan lampu 5 Watt. Kalau lampu menyala, artinya kapasitor memang bisa menyimpan aliran listrik sehingga bisa menghidupkan lampu.

Pemanfaatan Kapasitor

Sebagai penstabil arus listrik, kapasitor dipasang di kendaraan bermotor terutama dengan teknologi terbaru yang menggunakan sistem injeksi. Beberapa pabrikan telah menambahkan kapasitor ke produk terbaru mereka. Kalau cara membuat kapasitor dirasa sulit, jangan ragu untuk membeli saja yang sudah jadi.

Selanjutnya : Cara Membuat Pancing untuk Memancing Cumi-Cumi
Sebelumnya: Cara Membuat Jus Mengkudu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar