Cara Membuat Karya dari Bahan Limbah

Limbah tak selamanya bernilai buruk untuk manusia. Ternyata, limbah juga ada manfaatnya bagi kehidupan ini. Limbah jenis ada beberapa dari sumbernya, yakni limbah rumah tangga dan limbah industri. Limbah dapat diolah menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Ada cara membuat karya dari bahan limbah, sehingga prosesnya menjadikan barang bekas atau sampah menjadi lebih bermanfaat.

Membuat karya dari limbah mempunyai keuntungan tersendiri, semisal bahan bakunya tidak mahal, bahkan gratis karena berupa sampah. Selain itu, bisa mengurangi pencemaran lingkungan dan bisa dikembangkan menjadi sebuah usaha yang unik dan baru dalam daur ulang limbah. Tentu saja, limbah sangat banyak bentuknya. Tapi, dalam artikel ini akan dibahas beberapa saja teknik pembuatan karya dari limbah.

Loading...

Cara Membuat Karya dari Bahan Limbah Sekitar Kita

Kali ini, kita ulas cara membuat karya dari limbah plastik dan ranting kayu di depan halaman rumah. Kedua jenis sampah ini umumnya langsung dibuang oleh pemiliknya karena nilai guna dan jualnya tidak begitu besar. Namun, trik membuat karya dari limbah berikut ini dapat menyulap barang sepele tadi menjadi sebuah karya yang indah.

1. Karya dari Limbah Ranting Kayu

Untuk membuat karya dari ranting kayu diperlukan sejumlah peralatan dan bahan, antara lain: ranting kayu, styrofoam, lem kayu, cat warna-warni, kuas, pernak-pernik aksesori. Sediakan semua bahan tersebut agar proses membuat karya seni ini berjalan mulus.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih ranting kayu sesuai dengan kreasi yang diinginkan. Setelah itu, potong dan hilangkan bagian dari ranting yang tidak sesuai selera. Kemudian, ranting kayu dicat atau bisa dipernis agar tampak lebih menarik. Lalu, tempelkan ranting yang sudah dicat tersebut pada styrofoam.

Tahap selanjutnya yakni memberikan pernak-pernik di sekitar ranting yang sudah ditempelkan. Gunakan kombinasi warna yang berwarna-warni agar tampak lebih ramai dan indah. Hiasan ranting kayu ini bisa dipasangkan sebagai pelengkap suasana di ruang tamu atau ruang keluarga di rumah Anda.

2. Karya dari Limbah Plastik

Dikarenakan plastik mempunyai sifat yang elastis, maka membuat karya dengannya bertambah mudah. Limbah plastik dari botol atau gelas minuman dapat digunakan sebagai bahan utama sebuah karya. Karya yang dapat dibuat dari limbah plastik seperti tanaman, bunga, mainan anak-anak, aksesori bola lampu, dan sebagainya.

Sampai di sini ulasan cara membuat karya dari bahan limbah plastik dan ranting kayu, dan selamat berkreasi!

Loading...
Selanjutnya : Cara Membungkus Kado yang Sederhana Berbentuk Kotak
Sebelumnya: Burung Migrasi, Fenomena Alam yang Menakjubkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar