Cara Membuat Kerajinan dari Origami – Membuat Origami Kupu-Kupu


Seni melipat kertas sehingga membentuk sesuatu yang diinginkan berasal dari Negeri Samurai ini disebut origami. Origami merupakan keahlian kesenian seseorang yang dengan kemampuan tersebut, mampu mencipatkan lipatan-lipatan kertas menjadi berbagai bentuk, di antaranya, bunga, hewan, dan bentuk-bentuk yang menyerupai barang-barang yang ada di sekeliling kita. Cara membuat kerajinan dari origami ini ada berbagai macam, bergantung apa bentuk yang akan Anda buat.

Origami Kupu-Kupu

Misalnya saja, Anda ingin membuat origami hewan, sebut saja origami kupu-kupu. Sebelumnya sediakan terlebih dahulu bahan-bahannya, yakni kertas berwarna, gunting, cutter serta pensil. Gambar pola kupu-kupu yang ingin Anda buat terlebih dahulu di atas kertas berwarna menggunakan pensil.

Ambil salah satu kertas berwarna tadi yang masih utuh, lalu lipat sehingga kertas tersebut terbagi menjadi dua bagian berrbentuk simetris. Pola gambar kupu-kupu yang tadi, Anda buat, kemudian potong menggunakan cutter sesuai garis pola tersebut. Lakukan hati-hati, karena jika tidak sesuai dengan pola, atau garis pola yang Anda potong kelebihan atau kurang, maka Anda harus menggambar pola baru lagi.

Pola kupu-kupu yang telah dipotong tadi, letakkan di bagian tengah kertas yang telah Anda lipat (sambil ditekan kuat agar tidak mengalami pergeseran). Pastikan letaknya di tengah lipatan yang menjadi pusat lipatan simetris tadi.

Lalu, potong pola gambar kupu-kupu bagian dalam (bagian sayap), lakukan hal ini hingga pola kupu-kupu yang dibentuk dengan pensil tadi betul-betul membentuk seekor kupu-kupu yang indah. Lau, pinggiran pola kertas tersebut, Anda bisa potong agar terlihat lebih rapi.

Banyaknya kreasi kerajinan origami turut pula membuat seni kerajinan dari Jepang ini terkenal ke seantero dunia. Bahkan, di beberapa negara seperti Indonesia, sering kita jumpai perkumpulan atau komunitas-komunitas pencinta dan pengrajin origami.

Selain menghasilkan kreasi yang indah, origami juga membuat kepuasan tersendiri bagi para pembuat, karena untuk menguasai seni lipatan kertas yang satu ini bukan merupakan keahlian yang mudah. Diperlukan latihan secara berkesinambungan untuk memperlancar dan menghasilkan karya origami yang bagus. Selamat mencoba.

Itulah cara membuat kerajinan dari origami.

Selanjutnya : Belajar dari Contoh-contoh Skripsi
Sebelumnya: Daun Majemuk dan Pembagiannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar