Cara Membuat Laporan Keuangan Keluarga

Tidak banyak keluarga yang mengetahui cara membuat laporan keuangan keluarga. Padahal kalau setiap keluarga membuat laporan keuangan, akan banyak manfaat yang didapatkan. Di antara manfaatnya adalah mengetahui ke mana saja uang yang didapatkan dipakai. Apakah ada pembelian yang tidak perlu atau adakah belanja yang telah mengarah kepada pemborosan.

Laporan keuangan keluarga ini juga akan membuat masing-masing anggota keluarga termasuk anak-anak belajar nilai uang dan berusaha untuk bersikap hemat. Selain itu, jika ada kelebihan dana, maka perencanaan selanjutnya bisa dilakukan. Perencanaan yang didiskusikan secara bersama ini membuat kehidupan keluarga makin harmonis. Tentu saja anak-anak tidak perlu tahu secara sangat mendetail berapa jumlah pendapatan orangtuanya. Tapi paling tidak mereka tahu berapa dana yang telah keluar.

Laporan Keuangan Keluarga

Siapkan satu papan tulis yang digantung di tempat yang mudah terlihat oleh semua anggota keluarga. Buat tabel tentang penggunaan uang. Bila perlu masing-masing anak yang sudah bisa diajak berdiskusi tentang uang, juga membuat tabel yang sama. Akhir bulan, catatan itu disesuaikan sehingga akan terlihat total jumlah uang yang telah keluar.

Dari jumlah uang yang keluar itu, masing-masing bisa menyadari pengeluaran mana yang seharusnya bisa ditahan dan pengeluaran mana yang sudah sepantasnya dilakukan. Diskusi tentang laporan keuangan keluarga ini tidak saja membuat keluarga itu berpikir bersama tentang masa depannya tetapi juga membuat mereka kian akrab.

Orangtua bisa juga memberikan masukan mengenai istilah akuntansi sederhana seperti Debit dan Kredit. Pembahasan tentang bagaimana menghitung keuangan dan merencanakan keuangan bersama.

Dengan cara ini, diharapkan bahwa anak akan menjadi pembelanja yang cerdas. Ia tidak akan mudah tergiur dengan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Ia juga tidak akan mudah mengeluarkan pernyataan bersedia untuk mengutang dengan menggunakan kartu kredit. Dengan demikian nantinya akan tumbuh generasi yang lebih berpikir untuk memproduksi sesuatu daripada hanya menjadi pengguna hasil produksi.

Demi kesuksesan program pengenalan nilai uang melalui cara membuat laporan keuangan keluarga, masing-masing orang tua harus meluangkan waktu untuk anak-anaknya. Hal ini akan memaksa orang tua memberikan prioritas waktunya demi kepentingan pendidikan dan perkembangan jiwa anak-anaknya.

Loading...
Selanjutnya : Sebenarnya Ada Tidak Alien Itu
Sebelumnya: Contoh Surat Kuasa Jual Beli Toko dan Kios
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar