Cara Membuat Las Karbit


Cara membuat las karbit perlu diketahui untuk Anda yang ingin memiliki bengkel las atau usaha pengelasan. Banyak kebutuhan manusia yang membutuhkan pengelasan, misalnya teralis jendela untuk pengaman rumah, pagar rumah dari besi tempa, perbaikan bodi mobil, dan lainnya.

Las Karbit

Pengertian las adalah menyambung besi dengan cara membakar. Definisi mengelas adalah cara menyambung secara permanen dua bagian logam/besi/baja atau benda padat lainnya dengan menggunakan tenaga panas atau dengan mencairkannya melalui pemanasan.

Pengelasan las karbit dimulai pada awal Abad 20. Tujuan pengelasan adalah merangkai besi sesuai bentuk yang diinginkan dan agar rangkaian tersebut menjadi lebih kuat. Saat ini pengelasan lebih banyak menggunakan las listrik.

Istilah las karbit lainnya adalah Las MDQ, di mana bahan bakar yang digunakan adalah gas. Penyebutan Las MSDQ mengacu pada salah satu merk batu karbit/merek bahan bakar gas yang digunakan dalam proses pengelasan. Prosesnya sama dengan las asetilen. Pengelasan gas karbit lebih disukai karena mudah dibuat, suhu api/panasnya sangat tinggi, dan dapat mengurangi oksidasi.

Jenis gas las karbit terdiri atas dua campuran gas yang berfungsi sebagai sumber panas dan pembentuk nyala api. Bengkel las umumnya menggunakan gas asetilen (C2H2) atau gas karbit yang menghasilkan temperatur nyala api yang lebih tinggi dan semakin baik bila dicampur dengan gas oksigen (O2) sebagai bahan bakar. Proses pengelasan dengan pencampuran gas inilah yang disebut dengan las karbit.

Untuk membuat las karbit diperlukan tabung las karbit. Cara membuat tabung las karbit yaitu siapkan generator asetilen, pengukur tekanan gas (monometer), tabung gas asetilen dan tabung gas oksigen, torch (brander las), selang gas, dan pengatur tekanan gas (regulator).

Cara Kerja Las Karbit

Cara kerja las karbit yaitu gas asetilen dan gas oksigen dikeluarkan atau dialirkan dari tabung masing-masing dengan tekanan tertentu melalui selang gas dan regulator menuju torch. Kedua gas tersebut kemudian tercampur di torch lalu gas keluar dari ujung torch.

Nyala api pun terbentuk karena campuran kedua gas tersebut dengan bantuan pemantik api. Nyala api ini harus mencapai suhu yang mampu mencairkan logam pengisi dan logam induk (di bawah atau di atas titik lebur). Untuk mencegah ledakan tabung karbit, pastikan regulator terpasang dengan benar.

Semoga informasi tentang cara membuat las karbit ini membantu Anda untuk melakukan pengelasan atau mengembangkan usaha bengkel las a Anda.

Selanjutnya : Karangan Deskripsi
Sebelumnya: Cara Membuat Aneka Kerajinan Tangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar