Cara Membuat Latar Belakang Masalah


Dalam pembuatan sebuah skripsi, paper, atau sebuah tulisan ilmiah, latar belakang masalah adalah yang selalu disajikan di bab atau di bagian awal-awal tulisan. Latar belakang masalah adalah paparan yang dijadikan landasan mengapa sebuah skripsi, kajian, atau tulisan-tulisan ilmiah lainnya dibuat atau diangkat. Latar belakang masalah ini juga yang mempengaruhi cara dan alur berfikir si penulis dalam menyajikan karya ilmiahnya. Oleh karena itu, cara membuat latar belakang masalah juga penting untuk diperhatikan. 

Bagi sebagian mahasiswa yang sedang menyusun skripsi misalnya, kadangkala mereka tidak terlalu paham akan masalah yang akan diangkat dalam skripsinya. Tentunya hal ini akan menjadikan latar belakang masalah yang diangkat menjadi kabur dan bisa jadi tidak kontekstual, dan pada gilirannya akan membuat skripsi mereka menjadi dangkal dan tidak fokus.

Lalu bagaimana dalam merumuskan atau membuat latar belakang masalah ini? Secara sederhananya, dalam upaya membuat atau menyusun latar belakang masalah ini, hal yang paling utama harus dilakukan adalah si penulis memahami benar sebuah fenomena dari suatu topik atau tema yang hendak diangkat. Lihatlah secara komprehensif dari berbagai sudut pandang keilmuan jika memungkinkan.

Setelah melihat masalah ‘secara makro’, barulah mencoba untuk menentukan bagian apa atau persoalan mana yang akan diangkat dari fenomena yang ada. Tidak mungkin juga bila kita harus mengangkat keseluruhan hal yang ada dalam sebuah fenomena tersebut. Setelah ‘apa’ yang akan diangkat, lalu coba untuk menggali lagi faktor ‘mengapa’ suatu persoalan tersebut atau fenomena itu bisa muncul? Mengapa munculnya di suatu rentang waktu tertentu? Mengapa begini mengapa begitu? Setelah faktor “Mengapa” tadi habis dieksplor,

Kemudian ‘bagaimana’. Bagaimana permasalahan tersebut berjalan dan akan bagaimana akhirnya? Mungkin d isini sebuah prediksi bisa dianalisa secara sederhana. Bagaimana pihak-pihak yang berkaitan bisa masuk dalam permasalahan tersebut?

Cara membuat latar belakang masalah selanjutnya adalah jangan lupa ambil contoh kejadian-kejadian serupa dan kontekstual untuk dijadikan pembanding agar latar belakang masalah yang kita susun menjadi semakin kuat. Selamat mencoba!

Selanjutnya : Akibat Pernikahan Dini Bagi Kesehatan Reproduksi
Sebelumnya: Penggalian Informasi untuk Penyusunan Makalah Tentang Letak Negara Thailand
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar