Cara Membuat Latar Belakang Skripsi yang Benar


Skripsi merupakah salah satu karya ilmiah yang harus dikerjakan seorang mahasiswa demi meraih gelar sarjananya. Hanya memang terkadang para mahasiswa ini, kerap sekali mengalami kesulitan saat membuat latar belakang untuk skripsi mereka. Oleh karenanya, pada pembahasan kali ini akan diulas lebih mendalam tentang cara membuat latar belakang skripsi yang benar.

Hal Penting dalam Pembuatan Latar Belakang

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat latar belakang adalah permasalahan di lapangan. Seseorang yang menulis skripsi, atau dalam hal ini disebut peneliti harus mengulas dengan detail fokus penelitiannya. Dengan kata lain, peneliti tersebut harus bisa mengemukakan fakta-fakta yang ada di dalam lapangan.

Selanjutnya fakta-fakta tersebut dihubungkan dengan teori yang melandasi penelitian. Mengapa harus demikian? Karena skripsi sifatnya adalah penelitian ilmiah. Sebuah penelitian dikatakan ilmiah apabila, peneliti dapat mengkaji sebuah fenomena atau permasalahan yang ada di lapangan dengan menggunakan data-data yang valid. Serta didukung dengan literarur teori yang ada. Hal ini agar menjauhkan peneliti dari sifat mengira-kira atau berdasarkan perasaannya saja.

Setelah kedua hal tersebut dilaksanakan, maka peneliti akan mengetahui hubungan antara permasalahan yang ada di lapangan dengan teori yang ada. Dengan mengetahui hubungan tersebut peneliti akan mudah mengambil hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian adalah argument awal peneliti mengenai hubungan atau pengaruh variabel-variabel yang ada di dalam penelitiannya. Selanjutnya, hipotesis itu akan terjawab ketika peneliti telah melakukan penelitiannya tersebut.

Cara membuat latar belakang skripsi yang benar ini harus diperhatikan seksama oleh para mahasiswa. Sebab kesalahan pada latar belakang akan memengaruhi keseluruhan isi skripsi. Hal ini dikarenakan latar belakang merupakan ‘nyawa’ dari sebuah penelitian. Sebuah penelitian dapat dinilai bermutu atau tidak bergantung kepada kedalaman peneliti saat mengungkapkan inti permasalahan yang ingin ditelitinya pada latar belakang.

Dalam latar belakang, seorang peneliti juga diwajibkan untuk mencantumkan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan bahasan peneliti tersebut. Hal ini dimaksudkan agar peneliti mempunyai bahan referensi yang dapat dijadikan rujukan untuk memperkaya hasil penelitiannya kelak.

Pada dasarnya, setiap menyusun skripsi seorang mahasiswa sedikit banyaknya pasti mengalami kesulitan. Akan tetapi setidaknya dengan mengetahui cara membuat latar belakang skripsi yang benar pada bahasan kali ini, akan memberikan informasi yang lebih kepada mereka. Dan informasi ini akan sangat berguna apabila ditunjang dengan proses bimbingan dan konsultasi bersama dosen dari mahasiswa tersebut.

Selanjutnya : Sakit Telinga Berdenyut
Sebelumnya: www.cinemaplex21.com - Situs Resmi dari Group Cineplex 21
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar