Cara Membuat Mainan dari Kardus Bekas


Jika Anda mempunyai kardus atau karton bekas, jangan terburu-buru membuangnya. Siapa tahu kardus atau karton bekas itu masih bisa diolah lagi menjadi barang yang bermanfaat. Misalnya, Anda bisa membuat mainan dari kardus atau karton bekas. Cara membuat mainan dari kardus bekas pun cukup mudah.

Selain murah meriah, membuat mainan dari kardus atau karton bekas dapat menambah kreativitas anak Anda. Anda dapat membimbingnya untuk bersama-sama membuat mainan dengan bahan kardus atau karton bekas. Berikut ini adalah contoh cara membuat mainan dari kardus bekas, yaitu mainan kuda-kudaan.

Anda dapat membuat mainan kuda-kudaan dari karton atau kardus bekas dengan cara yang cukup mudah dan peralatan yang gampang. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah karton atau kardus tebal, tali atau kertas warna, lem kertas, gunting, dan pisau atau cutter.

Cara Membuat Kuda dari Kardus

Cara membuatnya adalah sebagai berikut, buatlah kotak dari kardus atau karton dengan ukuran yang cukup besar untuk membuat badan kuda. Kemudian, buatlah juga dua kotak berukuran sedang kardus atau karton untuk kaki depan dan kaki belakang kuda. Selain itu, potong juga kardus atau karton dengan ukuran kecil untuk membuat kepala dan leher kuda.

Setelah itu, buatlah tali kendali kuda, yaitu tali yang melingkar di antara mulut dan leher kuda. Selain dengan menggunakan tali, kendali kuda juga bisa dibuat dengan memakai kertas warna. Ukuran tali kendali kuda disesuaikan dengan kondisi kuda yang sudah dibuat atau sesuai kebutuhan.

Langkah selanjutnya adalah membuat telinga dan ekor kuda. Anda bisa menggunakan kertas warna untuk membuatnya. Caranya, gulunglah kertas warna dan masukkan ke dalam kotak, tepatnya pada sisi kanan kiri kepala kuda untuk telinga, dan pada bagian belakang badan kuda untuk ekor. Anda juga bisa merekatkannya dengan lem kertas. Buat juga telapak kaki kuda dengan memakai kertas warna dan lekatkan dengan lem.

Setelah semua anggota tubuh kuda sudah siap, saatnya untuk merekatkannya menjadi satu bagian yang utuh. Badan, kepala, leher, telinga, kaki depan dan kaki belakang, ekor, telapak kaki, bisa direkatkan dengan menggunakan lem.

Terakhir, pasangkan kendali kuda di antara leher dan mulut kuda. Tunggu sampai rekatan lem benar-benar kering, dan jadilah mainan kuda-kudaan dari kardus atau karton bekas.

Demikian cara membuat mainan dari kardus bekas. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sejarah Chevrolet Impala, Mobil Terlaris pada Masanya
Sebelumnya: Sejarah Awal Interaksi Kaum Muslim dengan Pemikiran Filsafat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar