Cara Membuat Mebel dari Akar Pohon Jati


Akar pohon jati yang dulu merupakan sesuatu yang tidak bermanfaat, kini menjadi suatu hal yang bernilai ekonomis sangat tinggi. Pasalnya akar pohon jati ini dapat dibuat berbagai macam mebel seperti kursi, meja, dan lain sebagainya. Cara membuat mebel dari akar pohon jati ini tidak semudah yang dibayangkan dan membutuhkan keterampilan khusus dalam membuatnya.

Daerah Penghasil Mebel dari Akar Jati

Mebel yang terbuat dari akar pohon jati bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi. Dulunya hanya berkisar puluhan juta, namun saat ini sudah bisa mencapai ratusan juta. Hal tersebut juga tergantung dari bentuk dan kesulitan dalam proses pengerjaannya. Di Indonesia sendiri, daerah yang banyak menghasilkan mebel dari akar pohon jati adalah daerah Blora.

Selain harga jualnya yang sangat tinggi, mebel jenis ini pun sangat diminati pasar luar negeri. Banyak ekspor mebel yang dikirim ke berbagai Negara di belahan dunia untuk mebel dari akar kayu jati.

Secara umum, cara membuat mebel dari akar pohon jati ini dilakukan oleh para perajin. Biasanya mereka akan mencari akar pohon jati terlebih dahulu dari pohon jati yang sudah cukup umur.

Sebenarnya kayu jati sendiri juga bisa dimanfaatkan, namun akarnya sendirilah yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi. Selanjutnya dilakukan penjemuran. Setelah itu barulah dibuat mebel dari akar pohon jati ini sepeti meja, kursi, pintu, peralatan rumah, dan masih banyak lagi.

Nilai ekonomisnya akan lebih tinggi lagi jika mebel-mebel tersebut dihiasi dengan ukiran-ukiran yang menambah keindahan. Ukiran akar jati dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah ahli sehingga bisa menghasilkan keindahan.

Pertumbuhan Pohon Jati

Untuk masalah pertumbuhan pohon jati, pohon jati akan tumbuh baik pada daerah tropis dimana tanahnya banyak mengandung kapur. Ketinggiannya adalah 50 m dpl pada dataran rendah, dan 800 m dpl untuk dataran tinggi. Untuk kisaran curah hujannya sendiri sekitar 1500-2000 mm per tahun.

Cara membuat mebel dari akar pohon jati yang tidak mudah, serta kualitas jati sebagai kayu terbaik menjadikannya berharga sangat tinggi. Bagi Anda yang berminat memilik mebel dari akar pohon jati bisa memesan pada daerah khusus yang menghasilkan mebel berbahan dasar ini. Tentunya tak lupa pula menyiapkan harga yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kenapa Korea Perang?
Sebelumnya: Cara Membuat Materi Permainan Game Bahasa Inggris Siswa SMP
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar