Cara Membuat Prakarya dari Barang Bekas


Bagaimana cara membuat prakarya? Setiap anak pasti menyukai mainan. Namun tentu tidak baik jika memenuhi permintaan anak dengan membeli mainan setiap saat. Selain mengajarkan budaya konsumtif, mainan ini sering nantinya tidak terpakai lagi.

Cara Membuat Prakarya

Anak-anak sekarang ini lebih cepat bosan dengan mainannya. Karena itu tidak ada salahnya kita mencoba membua mainan untuk anak dengan bahan seadanya. Berikut ini cara membuat prakarya mainan anak dari barang bekas.

Membuat mainan sendiri dari bahan seadanya bisa bermanfaat juga bagi anak. Dengan ini kita bisa mengajarkan budaya peduli lingkungan dan tidak konsumtif.

Selain itu, dengan membuat mainan dari bahan seadanya, maka kita bisa juga mengasah kreativitas sang anak. Mereka bisa lebih mandiri dan tidak mudah terbawa arus konsumtif yang memabukkan.

Selain itu, dengan membuat mainan sendiri, maka kita bisa mengetahui bahan apa saja yang dipakai. Banyak mainan jadi yang dijual di pasaran ternyata mengandung bahan yang berbahaya. Bahan ini tentu bisa membahayakan kesehatan si anak jika dia terus melakukan kontak dengan mainan tersebut.

Kita bisa juga turut belajar membua mainan dari barang bekas ini. Banyak buku panduan untuk membuat mainan dari barang bekas.

Jangan memakai bahan yang beracun atau memiliki bagian yang tajam. Hal ini tentu berbahaya bagi sang anak.

Salah satu mainan yang bisa kia buat adalah mobil-mobilan. Mainan ini banyak digemari anak-anak dan mudah dibuat dari barang bekas.

Bahan utama yang bisa dipakai adalah kuli jeruk bali. Selain itu kita membutuhkan tali, tusuk gigi sebagai as roda, pensil, dan pisau.

Caranya tentu sudah terbayang. Kita memakai kulit dari setengah buah jeruk bali. Setengah bagian lainnya bisa kita pakai sebagai bahan membuat roda-rodanya.

Kita bisa memacang roda di sisi badan mobil dengan memakai tusuk gigi atau bahan lain yang memungkinkan. Badannya sendiri bisa kita bentuk secara kreatif dengan memakai pisau.

Tali dipakai untuk menarik mobil jika sudah jadi. Tinggal ikatkan tali ini dengan kuat pada bagian depan badan mobil-mobilan yang telah dilubangi.

Selanjutnya : Berbagai Jenis Sony PSP
Sebelumnya: Serba Ada Di Toko Interior Mobil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar