Cara Membuat Presentasi Power Point Keren


Cara membuat presentasi power point keren tentu adalah keahlian yang sangat dibutuhkan di masa kini. Bagaimana tidak, saat ini semuanya sudah serba komputer, sehingga presentasi untuk rapat atau seminar pun harus dibuat dengan komputer. Di satu sisi, ini adalah hal yang memudahkan, karena tentunya tidak perlu repot-repot lagi membuat materi presentasi dengan cara yang sulit. Tapi di sisi lain, membuat power point yang menarik tentu membutuhkan keahlian yang harus dipelajari.

Pembuatan presentasi dengan power point tentu harus dilakukan dengan baik. Presentasi yang baik akan membuat mereka yang membacanya merasa nyaman, sehingga lebih mudah untuk mengerti apa isi materi yang dipresentasikan itu. Sedangkan presentasi yang dibuat dengan kurang baik tentu akan terlihat tidak profesional dan membuat orang yang membacanya juga tidak mengerti.

Presentasi dalam bentuk power point tentu harus menarik. Menarik di sini adalah dari segi desain. Tidak perlu menggunakan desain yang terlalu rumit atau ramai. Yang penting adalah bahwa desain itu konsisten, mulai dari slide master, hingga lay-out dan animasi yang digunakan saat presentasi. Penggunaan desain yang tidak konsisten akan mengurangi fokus para pembacanya.

Dalam satu halaman slide, usahakan tidak terlalu banyak baris kata yang digunakan. Jika baris kata terlalu banyak, akan terlihat menumpuk sehingga mengurangi kenyamanan mereka yang membacanya. Akibat barisan terlalu rapat, materi presentasi justru tidak dapat tersampaikan dengan baik, karena pembacanya bukannya dapat mencerna isi materi, melainkan sibuk membaca kata-kata tersebut.

Ungkapkan saja materi pembahasan dengan seerhana, atau pokok-pokok yang paling penting saja. Bukankah selalu ada sesi tanya jawab dalam setiap kali presentasi? Tuliskan saja bagian-bagian yang paling penting untuk diketahui, sedangkan penjelasannya dapat disampaikan saat menyampaikan presentasi, atau mungkin justru mengundang pertanyaan dari para audience.

Selain itu, cara membuat presentasi power point keren adalah penggunaan warna. Sebaiknya tidak menggunakan warna-warna yang mencolok dalam materi presentasi. Gunakan saja warna yang menarik untuk dilihat, sehingga pembaca atau audience dapat dengan mudah untuk membaca materi yang dituliskan. Hiasi juga dengan animasi yang menunjang isi materi dan juga suara-suara yang dapat membantu peserta untuk menyimak materi presentasi.

Selanjutnya : Antibiotik Menghilangkan Jerawat
Sebelumnya: Oli yang Cocok untuk Toyota Soluna
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar