Cara Membuat Proposal Pengajuan Barang Beserta Contohnya


Untuk membuat sebuah proposal pengajuan barang, ada beberapa point penting yang harus Anda pelajari terlebih dahulu terutama mengenai informasi barang yang Anda tawarkan serta maksud dan tujuan pengajuan barang yang tersebut. Ada tata cara membuat proposal pengajuan barang yang meliputi:

•    Penjelasan Mengenai Perusahaan

Dalam sebuah proposal pengajuan barang, Anda harus secara detail mencamtumkan nama perusahaan Anda, ini akan membuat instansi atau lembaga tempat Anda menawarkan barang tersebut memiliki kepercayaan, baik kepada barang yang ditawarkan maupun perusahaan Anda secara keseluruhan.

•    Penjelasan Mengenai Barang yang Diajukan

Pada point ini yang mesti ada jelaskan adalah jenis barang yang diajukan, jumlah barang yang diajukan, harga yang Anda tawarkan baik secara satuan mapun dalam partai besar. Penjelasan ini bisa ditambahkan dengan keterangan teknis, mengenai kualitas serta perbandingan barang yang Anda ajukan dengan jenis barang lainnya.

Berikut contoh proposal pengajuan barang

Sinabang, 29 September 2012

Kepada
Yth. Bapak Manager General Afair
PT. Mariadi
Jl. Nusantara No.319
Sinabang

Dengan hormat,
Sehubungan dengan kami sampaikan surat ini kepada bapak, izinkan kami memperkenalkan perusahaan yang kami kelola saat ini kepada bapak. Bahwa perusahaan yang kami kelola bernama PT. Abadi Sentosa, yang mana perusahaan kami ini bergerak dalam distributor alat-alat keperluan olahraga.

Beberapa hari yang lalu, melalui informasi yang sampai kepada kami, bahwa perusahaan bapak saat ini sedang mencari distributor alat-alat olahraga untuk keperluan pemberian fasilitas kelengkapan olahraga bagi karyawan di perusahaan bapak, maka dengan ini kami mengajukan diri, serta menawarkan kepada bapak produk-produk olah raga yang kami miliki. Rincian jenis barang dan harga, kami lampirkan bersamaan dengan surat ini.

Jika bapak berkenan, kami masih akan menunggu respon bapak terhadap pengajuan surat ini, dan siap melakukan presentasi lanjutan, langsung di kantor bapak. Dan jika informasi yang kami berikan ini belum lengkap, mohon sekiranya bapak dapat menghubungi kami di layanan telepon bernomor 0650-21XXX.

Demikianlah surat pengajuan ini kami buat, dan atas perhatian dari bapak kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Hormat kami,
PT. Abadi Sentosa

Robertus Setiawan
Marketing Manajer

Itulah sekilas penjelasan tentang bagaimana cara membuat proposal pengajuan barang  beserta dengan bentuk suratnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda agar tidak merasa kesulitan jika hendak membuat tersebut.

Selanjutnya : Permasalahan Hak dan Kewajiban dalam Rumah Tangga
Sebelumnya: Perlengkapan Salon Kecantikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar