Cara Membuat Pupuk Kompos yang Benar


Setiap hari kita memproduksi sampah yang sangat banyak, tentu itu akan mencemari lingkungan. Namun, tahukah Anda, sampah tidak selalu menimbulkan dampak negatif? Salah satunya adalah dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat pupuk kompos. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat pupuk kompos yang benar dari sampah.

Cara Membuat Pupuk Kompos

Langkah pertama adalah gali tempat yang terdapat tumpukan sampahnya. Sampah yang dicari adalah yang sudah lapuk atau bentuknya sudah menyerupai tanah. Kemudian, pisahkan sampah tersebut dari bahan yang tidak bisa lapuk.

Setelah itu, jemurlah hingga kering kemudian diayak. Untuk setiap 1 kg sampahnya tambahkan 50 hingga 100 gram belerang. Pupuk kompos sudah siap untuk digunakan.

Langkah kedua adalah siapkan bahan-bahan yang berupa 4 meter persegi sampah yang sudah lapuk, 6,5 meter persegi kulit dari buah kopi, 750 kg kotoran dari ternak yang sedang memamah biak, 30 kg abu dapur atau bisa juga menggunakan abu kayu.

Cara membuatnya adalahbuatlah bak pengomposan yang terbuat dari semen. Bak itu dasarnya cekung serta tengahnya melekuk. Buatlah satu buah lubang di mana saja agar cairan yang ada bisa ditampung dan bermanfaat.

Kemudian, aduk semua bahannya hingga tercampur, namun jangan dulu masukkan abu. Setelah itu, masukkanlah ke bak pengomposan yang tingginya 1 meter. Jangan dipadatkan agar mikroorganisme yang tercipta dapat berkembang baik. Setelah itu, taburi bagian atas bahan dengan abu.

Agar bisa mengetahui apakah proses pengomposan berjalan baik, perhatikanlah suhu udara dalam bahan. Apabila suhu meningkat tajam selama 4 hingga 5 hari, berarti pengomposan baik, namun kemudian akan turun lagi suhunya.

Cairan yang keluar dari bak semen ditampung. Kemudian, siram permukaan campuran agar kadar nitrogen dapat meningkat dan proses pengomposan akan berjalan cepat. Setelah 2 hingga 3 minggu bolak-balik bahan kompos setiap minggunya. Dalam waktu 2 hingga 3 bulan komposnya akan cukup matang.Sebelum pupuk mulai digunakan, jemurlah terlebih dahulu sampai kadar air hanya 50 – 60 persen.

Itulah cara membuat pupuk kompos yang benar. Sampah itu bisa bermanfaat juga kan?

Selanjutnya : Cara Membuat Storyline untuk Iklan
Sebelumnya: Sejarah Chevrolet Impala, Mobil Terlaris pada Masanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar