Cara Membuat Rajut Tangan bagi Pemula


Ada beberapa teknik dalam cara membuat rajut tangan. Tapi, bagi pemula ada teknik-teknik dasar yang harus dikuasai sebelum membuat rajutan yang lebih kompleks. Aktivitas merajut dibagi menjadi dua jenis, yaitu crochet dan knitting. Masing-masing tipe merajut ini juga memiliki latihan dasar tersendiri.

Perbedaan Crochet dan Knitting

Crochet adalah merajut dengan satu jarum rajut (hakpen), sedangkan knitting adalah merajut dengan dua jarum yang disebut breien. Hasil dari rajut crochet akan lebih padat dan kaku bila dibandingkan dengan rajutan knitting. Hal ini karena pada rajut crochet jumlah benang yang dikaitkan lebih banyak daripada rajut knitting.

Memilih Bahan dan Alat Rajut

Benang rajut terbagi menjadi tiga, yaitu benang alami, sintetis, dan semi sintetis. Contoh benang yang terbuat dari serat alami adalah benang wool dan katun. Untuk benang sintetis, contohnya adalah benang bulky. Benang semi sintetis adalah benang yang dibuat dari bahan campuran, misalnya benang rayon.

Untuk jarum rajut, sesuaikan dengan jenis rajutan yang akan dipilih, karena jarum crochet dan jarum knitting memiliki perbedaan mendasar. Untuk jarum rajut (hakpen), ada banyak ukuran yang bisa dipilih. Untuk pemula yang baru memulai merajut, pilih hakpen berukuran besar agar mudah digunakan.

Latihan Dasar Merajut

Crochet dan knitting masing-masing memiliki macam-macam pola sebagai teknik dasar merajut. Berikut adalah uraian singkat tentang pola paling dasar dan sederhana dari cara membuat rajut crochet dan knitting.

1.    Crochet – pola tusuk rantai

•    Siapkan benang, buat lingkaran kecil di ujungnya.

•    Masukkan jarum rajut ke dalam lingkaran.

•    Kaitkan ujung jarum pada benang lalu tarik melewati lingkaran. Kencangkan hingga menjadi simpul dan jangan lepaskan jarum dari benang.

•    Benang yang ditarik tadi akan kembali membentuk lingkaran dengan jarum di dalamnya. Tarik benang di sisi kiri tangan untuk menyesuaikan besarnya lingkaran dengan jarum.

•    Ulangi langkah di atas berkali-kali hingga terbentuk rajutan serupa rantai.

2.    Knitting

•    Siapkan jarum knitting (breien) di kedua tangan. Lilitkan bagian tengah benang (bukan ujungnya) pada badan jarum sebelah kiri.

•    Masukkan jarum kedua yang ada di tangan kanan pada lubang di ujung lilitan di jarum kiri. Posisikan kedua jarum hingga ujungnya membentuk huruf X.

•    Benang di sebelah kanan dililitkan di ujung jarum kanan.

•    Tarik jarum kanan melalui lingkaran, kencangkan.

•    Ulangi langkah ini hingga lingkaran-lingkaran yang terbentuk dari lilitan benang di jarum kiri habis.

Itulah cara membuat rajut bagi para pemula, termasuk mengenal jenis rajut, jenis benang, dan jenis pola dasar rajutan. Selamat berlatih!

Selanjutnya : Prediksi Totobet Hongkong
Sebelumnya: Cara Melihat Alam Gaib atau Alam Jin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar