Cara Membuat Sabun Susu


Mandi susu adalah salah satu cara untuk mempercantik kulit. Oleh karena itu, kini sudah banyak dibuat sabun mandi yang terbuat dari susu. Cara membuat sabun susu ini tidak terlalu sulit, sehingga kita bisa membuat sendiri sabun dari susu tersebut. Dengan membuat sabun mandi sendiri, kita malah justru bisa mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan, sehingga lebih yakin pada keamanan sabun buatan sendiri itu.

Salah satu susu yang dapat digunakan sebagai bahan membuat sabun adalah susu kambing. Susu kambing dapat membantu mengatasi jerawat atau masalah kulit yang lain, seperti dermatitis dan eksim. Susu kambing mengandung pH yang sesuai untuk kulit serta berbagai vitamin dan nutrisi lain yang sangat berguna bagi kesehatan kulit. Susu kambing dapat menetralkan bakteri yang ada dalam kulit, karena kandungan asam propertinya. Asam ini juga dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Susu kambing juga cocok untuk kulit yang kering dan sensitive. Formula susu kambing dapat membantu kulit yang kering dan membantu menormalkan kulit yang berminyak. Bahan-bahan yang terkandung dalam susu kambing dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang terpapar sinar matahari, sehingga tidak kusam dan kasar.

Asam alpha-hydroxy yang ada dalam susu kambing, misalnya asam laktat, dapat membantu sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit. Selain itu, vitaminnya juga akan membantu proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak, memecahkan ikatan sel kulit mati, sehingga kulit akan terlihat lebih cantik dan cerah.

Bagi kita yang tinggal di iklim tropis, sinar matahari dapat menjadi pemicu penyakit kanker kulit. Dengan rutin melakukan lulur menggunakan susu kambing, maka kandungan mineral selenium yang terdapat di dalamnya dipercaya mampu mencegah munculnya sel-sel kanker pada kulit.

Pembuatan sabun dari susu kambing ini juga relatif mudah dilakukan. Pertama adalah mencampurkan larutan alkali, air, minyak dan susu kambing yang sudah didinginkan. Untuk minyaknya, sebaiknya gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk membantu melembabkan kulit. Setelah bahan-bahan tadi tercampur rata, bisa ditambahkan parfum atau minyak esensial, agar sabun yang dihasilkan beraroma wangi dan tidak berbau susu kambing.

Setelah semua selesai, diamkan hingga mengeras, lalu dipotong-potong. Nah, sudah siap mempraktikkan cara membuat sabun susu kambing ini?

Selanjutnya : Pembagian Keuntungan dalam Kerjasama Bisnis
Sebelumnya: Cara Mendidik Anak Menjelang Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar