Cara Membuat Sayur Tumis Kangkung


Sayur tumis adalah jenis masakan yang mudah, cepat, dan tetap lezat untuk dinikmati sebagai sebuah menu makan, terutama untuk makan siang atau malam. Salah satu sayur tumis yang bisa dengan mudah didapat bahan-bahannya adalah tumis kangkung. Selain harganya yang murah, kangkung juga mudah didapat dan termasuk sayuran yang banyak mengandung zat penting yang diperlukan untuk tubuh.

Tumis Kangkung

Kunci dari membuat sayur tumis yang enak adalah cara memasaknya yang tidak terlalu lama. Tingkat kepanasan tungku atau kompor yang kita gunakan juga menjadi salah satu kunci lezatnya tumis kangkung yang kita buat. Sayur tumis ini pada dasarnya tidak mengandung terlalu banyak kuah.

Mari simak cara membuat sayur tumis kangkung untuk makan siang. Pertama, cabuti daun-daun kangkung dari batangnya. Dibutuhkan dua sampai tiga ikat kangkung untuk membuat satu porsi tumis kangkung untuk dua orang. Bumbu sederhana yang diperlukan adalah lima butir bawang merah diiris-iris, dua siung bawang putih dimemarkan, setengah bawang bombay sedang dirajang kasar, setengah potong tomat di potong dadu, dua buah cabe merah di iris,  garam secukupnya, merica, gula putih dan sedkit air.

Tumislah dengan api sedang yaitu bawang merah iris, bawang putih, bawang bombay,  tomat, dan cabe merah hingga mengeluarkan aroma harum. Dalam menumis ini bisa juga ditambahkan satu sendok makan margarin untuk menambah cita rasa.

Setelah itu masukkan kangkung dan bumbu-bumbu seperti garam, merica, dan gula pasir secukupnya, jangan lupa tambahkan sedikit air kurang lebih 100 ml. Jangan terlalu banyak air karena kangkung juga ketika proses dimasak akan mengeluarkan air.

Tutuplah wajan sebentar dan besarkan api. Setelah itu aduk-aduk sebentar dan cicipi rasa kuahnya. Tumis kangkung ini juga bisa divariasikan dengan penambahan telur puyuh, ati ayam, atau daging ayam potong dadu hingga daging sapi.

Bila hendak menggunakan bahan-bahan tambahan seperti daging tersebut di atas, maka bahan-bahan daging tadi dimasukan ke penggorengan setelah rempah-rempah yang ditumis dalam kondisi setengah matang sebelum kangkung dimasukkan. Intinya, proses memasaknya jangan terlalu lama dan jangan terlalu banyak air.

Selanjutnya : Perjalanan dan Latar Belakang Sejarah Jepang
Sebelumnya: Khasiat Tokek bagi Orang Korea Cina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar