Cara Membuat Tulisan di Photoshop yang Menarik


Dengan adanya software Adobe Photoshop, masalah mengedit atau merekayasa foto agar menjadi sesuatu yang indah tidak lagi terlalu rumit. Semua orang bisa melakukannya, tidak perlu seorang fotografer profesional.

Menggunakan Photoshop

Yang diperlukan hanyalah keterampilan menggunakan perangkat lunak Photoshop. Selain merekayasa foto agar terlihat lebih indah, foto-foto itu juga bisa ditambahi tulisan-tulisan agar semakin lebih semarak. Bagaimana cara membuat tulisan di Photoshop?

Gunakan fitur Create Clipping Mask yang ada dalam Layer program Adobe Photoshop. Dengan fitur inilah kita dapat membuat tulisan yang nantinya ditempatkan pada gambar atau foto. Caranya adalah buka dulu file foto yang akan diberi tulisan. Setelah itu, tambahkan sebuah layer kosong dengan mengklik ikon ‘Create New Layer’ yang ada di bagian bawah Layer Palette.

Setelah itu, ubah Layer kosong yang bernama Layer 1 itu menjadi warna putih. Caranya dengan memilih menu ‘Edit’ lalu pilihlah ‘Fill’. Bisa juga dengan cara shortcut, dengan menekan Shift + F5. Kemudian, pilihlah menu drop down Use dengan warna ‘White’. Layer pun akan berubah dari blank menjadi berwarna putih.

Langkah berikutnya adalah menduplikasi layer background. Caranya, klik layer background, lalu tekan Ctrl + J, dan akan muncul Background Copy. Pindahkan background copy ke atas Layer 1. Selanjutnya, aktifkan layer background copy, dengan cara mengkliknya. Layer background akan berubah menjadi biru, tanda bahwa ia sudah dipilih. Di sinilah tulisan akan dipasang. Klik ikon Horizontal Type Tool atau bisa juga menekan huruf T pada keyboard. Pilihnya font sesuai dengan keinginan.

Kemudian, yang perlu dilakukan adalah mereset warna foreground dengan menekan tombol D pada keyboard. Lalu tambahkan tulisan pada background copy. Setelah selesai mengetik tulisan, beri tanda checklist berwarna hijau yang ada di options bar.

Selanjutnya adalah mengatur ukuran font dan posisi gambar serta tulisannya. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan menu ‘Edit’ dan pilih ‘Free Transform’, atau dengan menekan Ctrl + T. Mengatur ukuran font bisa dengan cara menekan tombol ‘shift’ bersamaan dengan mengklik salah satu sudut batas font. Jika ukuran font dirasa sudah cukup, geserlah posisi font ke posisi yang diinginkan. Hal ini bisa dilakukan juga dengan mouse.

Cara membuat tulisan di Photoshop memang agak rumit. Sebaiknya pelajari dulu dengan baik dan banyak berlatih.

Selanjutnya : Cara Menjadi Tabah dalam Kehidupan
Sebelumnya: Teknik Senam Kegel Untuk Pria
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar