Belajar Cara Membuat Website Tanpa Domain

Bagi yang suka menulis salah satu hal yang harus dipelajari adalah cara membuat website tanpa domain karena akan sangat membantu publikasi tulisan-tulisan di media internet baik itu website, blog, Facebook dan sebagainya. Hal ini sangat menunjng perkembangan kemampuan penulis karena ketika tulisan dibiarkan begitu saja  akan sangat sayang kalau tidak dibaca atau dinikmati oang lain.

Sekarang sudah bukan jamannya lagi menulis di diary walaupun tidak sepenuhnya benar karena kalau tulisan hanya tersimpan di diary tidak akan menambah nilai. Selain keuntungan bisa dibaca, manfaat ketika tulisan dipublikasikan juga jauh lebih banyak, misalnya mengasah kemampuan penulis melalui saran dan masukan pembaca.

Apa Itu Hosting dan Domain?

Bagi pemula yang belum akrab dan terbiasa dengan istilah internet maka akan muncul kata hosting dan domain. Hosting adalah tempat yang ada di internet untuk menyimpan data-data baik itu berupa file, foto, teks, gambar dan lain-lain. Dimana data ini bisa diakses orang lain yang singgah ke laman web.

Sedangkan domain adalah alamat atau nama untuk laman web. Laman web ini tidak pernah ada yang sama. Masing-masing pasti mempunyai laman yang berbeda dan itu bisa dideteksi langsung dengan cepat oleh internet.

Kalau dilogikakan dengan perangkat handphone maka domain itu adalah nomor kartu yang digunakan sedangkan hosting itu adalah perangkat handphone yang bisa menjalankan fungsi nomor tadi. Jadi antara hosting dan domain itu saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Website Tanpa Domain

Lalu bisakah kita membuat laman web tanpa domain? Sejuah ini ada domain yang berbayar dan ada yang gratis. Domain berbayar biasanya sistem pembayarannya per tahun. Ada tiga level domain, yaitu:

  1. Top domain seperti .com, .org, .net, .edu dan lain-lain.
  2. Second Level Domain yaitu misalnya lamannya bernama domainku.com, maka domainku merupakan second level domain.
  3. Third Level Domain misalnya mail.domainku.com, yang menjadi third level domain adalah mail.

Lalu apa proses yang harus dilakukan untuk membuat laman web sendiri? Yang dimaksud disini lebih tepatnya tanpa menggunakan third domain namun hanya sampai pada second level domain. Kalau sudah menggunakan third level domain maka secara otomatis menggunakan jasa penyedia laman gratis dan tentunya itu tidak bisa langsung menjadi laman web pribadi.

Lama web gratis bisa didapatkan dengan domain seperti blogspot.com, wordpress.com, freeweb.com dan sebagainya. Caranya tinggal membuka dengan Google, ikuti alur pendaftaran dan laman web pun bisa digunakan mempublikasi tulisan. Sedangkan solusi lain adalah menggunakan domain berbayar yang bisa diminta kepada penyedia jasa pembelian domain.

Itulah beberapa cara membuat website tanpa domain. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kelemahan Cara Menjawab Soal Matematika Secara Singkat
Sebelumnya: Apa Sih Gas yang Mendominasi Lapisan Bumi?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini