Cara Membuka Lembaga Bimbingan Belajar


Cara membuka lembaga bimbingan belajar (bimbel) bisa jadi merupakan salah satu jenis bisnis yang menjanjikan. Hal itu mengingat banyak orang tua yang sangat menginginkan agar anaknya memiliki prestasi akademik di sekolahnya. Modalnya pun tak harus besar, hanyalah kemampuan di bidang mata pelajaran serta keterampilan untuk membagikannya kepada anak didik.

Saat ini, lembaga bimbingan belajar besar dan terpercaya memang sudah banyak yang membuka cabang di mana-mana. Meski begitu, bukan berarti tidak ada kesempatan lagi untuk membuka usaha yang sama. Lembaga-lembaga bimbel besar itu biasanya hanya memfokuskan diri pada ujian masuk perguruan tinggi atau ujian nasional. Berarti, masih ada lahan untuk membuka bimbel untuk membantu para murid sebelum menghadapi ujian.

UntukĀ  memulai bisnis bimbingan belajar tidak membutuhkan modal besar. Kumpulkan saja teman-teman yang memiliki kemampuan dan keterampilan mengajar anak sekolah, mulai jenjang SD sampai SMA. Keterampilan mengajar yang diperlukan adalah menguasai materi-materi yang diajarkan di bangku sekolah, mulai dari cara menyampaikan materi sampai membuat soal-soal.

Untuk mencari murid, cukup tempelkan flyer atau sebarkan brosur di area yang sering dikunjungi atau dilewati murid-murid sekolah. Atau, bisa juga dengan menawarkan langsung kepada orang tua dan murid-murid sekolah tersebut untuk mengikuti les privat. Akan lebih menarik perhatian calon peserta didik jika jam les bisa menyesuaikan dengan kegiatan mereka yang biasanya juga masih mengikuti les yang lain, seperti les musik atau bahasa asing. Jika belum ada tempat yang memadai sebagai tempat les, bisa dimulai dari rumah. Atau bisa juga di rumah salah satu murid yang belajar.

Apabila bimbingan belajar skala kecil ini sudah berjalan, tentu harus dipikirkan cara membuat lembaga bimbingan belajar yang lebih besar. Itu berarti, Anda harus mulai mempersiapkan bisnis yang sebenarnya, yaitu menghitung-hitung soal modal dan aset. Yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah tempat yang lebih memadai untuk kegiatan belajar- mengajar juga masalah administrasi.

Nah, itulah cara membuka lembaga bimbingan belajar. Tertarik mencoba?

Selanjutnya : Kuliner Maluku di Jakarta yang Menggugah Selera
Sebelumnya: Sejarah Undang-undang Dasar 1945
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar