Tips Bermain Gitar Akustik


Gitar dapat menghasilkan nada yang harmonis dan indah. Gitar memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah gitar akustik.  Cara memetik gitar akustik yang benar memang membutuhkan latihan keras. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti kelas musik atau dengan berlatih secara otodidak.

Beberapa pemula menggunakan kemajuan zaman untuk mempelajari gitar, yakni menggunakan video latihan melalui youtube atau buku paduan online.
Teknik bermain gitar untuk pemula bisa dimulai dengan pengenalan kord.

Langkah selanjutnya, pemain gitar dapat memadukan kord dan mengiringi sebuah lagu. Untuk pemula, mulailah dengan lagu yang mudah untuk dimainkan. Selain itu, dasar bermain gitar berada pada kord. Hal itu disebabkan dengan menghapal kord, kita dapat memainkan gitar dan mengiringi lagu dengan baik.

Pemula juga perlu mempelajari bagian-bagian gitar. Hal tersebut dilakukan agar mudah dalam mengenal gitar. Jadi, ketika instruktur maupun buku panduan memberikan perintah, Anda tidak perlu lagi bingung memahami maksudnya.

Sebelum mempelajari cara memainkan gitar, Anda perlu mengetahui ukuran gitar yang cocok untuk Anda. Jangan memaksakan bermain gitar dengan bentuk ataupun ukuran yang menurut Anda bagus tetapi tidak nyaman.
Pemula juga dapat memulai belajar memetik gitar dengan kedua jari. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi pemain gitar serba guna. Artinya, Anda akan dapat menggunakan berbagai jenis gitar. Belajar menggunakan capo juga sangat diancurkan ketika belajar bermain gitar akustik. Hal tersebut akan diterapkan pada frets.

Pelajarilah juga cara mengubah string dan menyetel gitar. Anda akan fasih jika harus menggunakan gitar orang lain. Selain itu, Anda dapat bergabung dengan forum diskusi bagi pemain gitar. Melalui diskusi, Anda dapat mendapatkan saran dan kritik yang membangun.

Di samping itu, sebelum anda memainkan gitar, Anda perlu memastikan kebersihan tangan. Hal tersebut karena kotoran maupun minyak yang menempel pada tangan akan membuat kotor bagian bawah senar. Hal itu akan mempengaruhi suara senar gitar. Selain itu, lakukan pemanasan sebelum memetik gitar. Hal tersebut dilakukan agar tangan Anda tidak kaku dan dapat bermain dengan santai.

Demikianlah ulasan tentang cara memetik gitar akustik yang benar. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, terutama bagi Anda yang sedang belajar bermain gitar.

Selanjutnya : Kasus Pelanggaran HAM yang Paling Terberat Serta Dasar Hukum
Sebelumnya: Tipe dan Harga Blackberry Gemini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar