Ini Dia Tata Cara Menanam Bunga Tanpa Tanah yang Baik!

Cara menanam bunga tanpa tanah atau yang biasa disebut dengan hidroponik merupakan sebuah metode tanaman modern yang tidak menggunakan tanah sebagai lahan tanamnya atau media tanam. Yang termasuk ke dalam metode penanaman hidroponik di antaranya adalah menanam di dalam pot atau tabulampot yang menggunaan air atau media tanam lainnya, seperti pasir kali, strerefoam putih, kerikil, atau pecahan genting.

Pada awalnya, metode penanaman tanpa tanah ini ditemukan oleh Dr. WF. Gericke yang merupakan seorang agronomis yang berasal dari Amerika Serikat. Dr. WF. Gericke menemukan metode menanam tanpa tanah ini melalui uji cobanya ketika menanam tomat yang sudah dipenuhi buah di dalam bak berisi mineral.

Percobaannya tersebut dikatakan berhasil karena tomat yang ia tanam berhasil tumbuh subur, dari asalnya hanya memiliki ketinggian 3cm menjadi lebih. Keberhasilan dari percobaan tersebut hingga kini terus dikembangkan. Bahkan, saat ini metode penanaman hidroponik pun sudah banyak dilakukan pada tanaman-tanaman lain, seperti bunga, buah, dan lain sebagainya.

Bercocok Tanam Bunga dengan Metode Penanaman Hidroponik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menanam tanaman dengan metode hidroponik merupakan hal yang menyenangkan. Bahkan, beberapa orang menjadikan kegiatan menanam dengan cara hidroponik ini sebagai suatu hobi yang menyenangkan. Salah satu tanaman yang ditanam dengan menggunakan metode hidroponik ini adalah bunga.

Cara menanam bunga tanpa tanah ini sama halnya dengan cara menanam dengan metode hidroponik pada tanaman lainnya. Ada beberap tahapan yang harus diperhatikan pada saat menanam bunga tanpa tanah ini, dimulai pada tahapan pembibitan, penyemaian, persiapan media tanam, pembuatan green house, pemupukan, dan perawatan tanaman.

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan bibit dengan kualitas yang baik. Hal ini agar tanaman yang ditanam menghasilkan bunga yang baik pula. Tahap selanjutnya adalah penyemaian. Tahap ini dilakukan dengan cara mencampur pasir halus, sekam yang sudah dibakar, kompos, dan pupuk kandang ke dalam bak dengan ketinggian sekitar 7cm. kemudian tutup bak tersebut dan jaga suhu dalam bak agar tetap lembab.

Tahap selanjutnya adalah persiapan media tanam. Media tanam yang digunakan pada penanaman tanpa tanah ini haruslah bisa menyerap dan menghantarkan air yang ada pada media tanam tersebut. Media tanam juga tidak boleh basi, dan tidak mempengaruhi kadar asam tanaman.

Setelah tahap persiapan media tanam, langkah selanjutnya adalah pembuatan green house yang berguna untuk memindahkan bibit yang sudah menjadi benih ke tempat penanaman. Kemudian barulah proses pemupukan dilakukan untuk memberi nutrisi sebagai makanan utama pada tanaman.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menanam bunga tanpa tanah yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kehidupan di Kota Jakarta pada Malam Hari
Sebelumnya: Berlimpahnya Kegunaan Jus Apel bagi Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...