Cara Menanam Kakao

Bagaimana sih cara menanam kakao? Hampir semua orang suka makan cokelat. Rasanya yan lezat dan juga khasiatnya, membuat orang menyukai makanan yang terbuat dari cokelat.

Bisnis cokelat pun menjadi salah satu bisnis yang diincar oleh banyak orang. Tapi, apakah terpikir untuk bisnis kakao? Kakao adalah bahan pembuat cokelat. Dengan semakin banyaknya pencinta cokelat, bisnis tanaman kakao tentu dapat menjadi bisnis yang menjanjikan.

Menanam Kakao

Memang, menanam kakao tidak semudah menanam tanaman lain. Perlu perhatian ekstra agar kakao dapat tumbuh dengan baik, serta menghasilkan panenan yang melimpah dan berkualitas baik. Masalah lahan dan pembibitannya membutuhkan proses yang lumayan panjang.

Untuk lahan, dibutuhkan yang namanya ajir. Ajir ini terbuat dari bambu yang tingginya sekitar 80 – 100 cm. Selain itu, dibutuhkan lubang tanam, yang ukurannya sekitar 60 x 60 x 60 cm. Lubang ini dibuat di penghujung musim hujan. Selanjutnya, lubang tanam ini diberi pupuk kandang yang telah dicampur tanah, juga ditambah sedikit pupuk TSP.

Sementara itu, saat proses penanaman bibit, harus diperhatikan masalah pohon naungan. Pohon naungan ini sudah harus tumbuh dengan baik. Pemindahan bibit kakao disesuaikan dengan jenisnya. Saat dipindah, bibit kakao ini sebaiknya tidak dalam keadaan sedang membentuk daun muda atau flush.

Setelah masalah penanaman, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah perawatan. Tanaman kakao perlu disiram 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari, dengan air sebanyak 2 – 5 liter untuk setiap pohonnya. Perlu juga dibuatkan lubang pupuk di sekitar tanaman. Setelah pupu dimasukkan, lubang itu dapat ditutup kembali.

Cara menanam kakao agar berhasil panen dengan baik atau tidak, sangat tergantung dari masalah bibit. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan pihak yang berpengalaman untuk mendapatkan bibit kakao yang baik.

Jika dilakukan dengan baik dan tekun, maka usaha budidaya tanaman kakao ini dapat menghasilkan panen yang melimpah. Jangan lupa, Indonesia adalah salah satu penghasil kakao terbesar, sehingga menanam kakao di Indonesia tentu sangat menjanjikan.

Selanjutnya : Tipe Blackberry Keluaran Baru dan Spesifikasi
Sebelumnya: Negara-negara ASEAN dan Penjelasannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading