Cara Menanam Pohon Jambu Air di Halaman Rumah


Buah jambu air kaya vitamin, baik untuk kecantikan kulit, menambah gizi para ibu hamil. Daunnya dapat menjadi obat penurun panas. Sedangkan kayunya dapat dijadikan hiasan. Nah, menarik bukan untuk mempelajari cara menanam pohon jambu air, khususnya di halaman rumah?

Jambu Air

Makan rujak buah tanpa jambu air, rasanya pasti kurang nikmat. Buah berwarna merah ini memang memberikan sensasi tersendiri jika dimakan bersama buah-buahan lainnya dalam bentuk rujak.

Rasanya yang manis sedikit asam, dengan kandungan air yang banyak, membuatnya menjadi salah satu buah-buahan yang segar. Selain segar, jambu air juga kaya manfaat. Tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, kayu pohon dan daunnya pun bisa dimanfaatkan.

Jambu air terdiri dari berbagai varian. Misalnya saja jambu air Toon Klow, Red Rose Apple, Jambu Mawar, Kancing Mutiara, Irung Petruk dan masih ada beberapa jenis lainnya.

Banyak warga, apalagi yang masih tinggal di pinggir-pinggir kota, menanam pohon jambu air di halaman rumahnya. Selain buahnya yang dapat dipanen dan menjadi konsumsi keluarga, pohon jambu air juga dapat membuat halaman rumah terasa lebih sejuk karena daun-daunnya yang rindang.

Saat hendak menanam pohon jambu air, siapkan dulu lubang tanam, yang berukuran 60x60x60 cm. Lubang itu dibiarkan dulu agar terjemur oleh sinar matahari selama kurang lebih dua minggu.

Setelah itu, masukkan pohon jambu air ke dalamnya. Akan lebih baik jika pohon jambu air ditanam pada akhir musim kemarau, agar di awal pertumbuhannya, tanaman ini sering terkena air hujan.

Setelah ditanam, pohon ini harus rajin disiram. Jika bukan di musim hujan, siramilah pada pagi dan sore hari. Selain disiram, tanahnya juga perlu diberi pupuk. Pemupukan ini dilakukan setiap tiga bulan sekali. Agar nanti buahnya dapat tumbuh dengan baik, pemupukan ini harus tepat, tidak kurang dan tidak lebih.

Sebagai perawatan lainnya, daun-daun pohon jambu air yang rindang juga perlu dipangkas secara berkala. Hal ini adalah untuk peremajaan, merangsang pembuahan, serta menjaga agar pohon tidak tumbuh terlalu tinggi.

Jika pohon terlalu tinggi, maka si pemilik akan kesulitan jika nanti hendak memanen buahnya. Anda ingin mencoba cara menanam pohon jambu air ini?

Selanjutnya : Kebutuhan Tersier Masyarakat Modern Semakin Beragam
Sebelumnya: Tipe Jenis Handphone Blackberry Smartphone
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar