Cara Menanam Pohon Pinus


Dimana ada pohon pinus, biasanya daerah itu menyegarkan. Kesegaran ini berasal dari aroma pohon pinus. Selain segar, pohon pinus juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Oleh karena itu, cara menanam pohon pinus layak untuk dipelajari. Kulit pohon dan daun pohon pinus yang tajam seperti jarum itu ternyata kaya vitamin C. Itulah yang ditemukan oleh para peneliti dari Prancis.

Kandungan Pohon Pinus

Selain vitamin C, dalam pohon pinus juga terkandung flavonol dan bioflavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat-zat itu kemudian diekstrak dan diproduksi menjadi bermacam-macam obat, antara lain untuk mengobati jet lag, gangguan peredaran darah, PMS, kram lulut dan meningkatkan fungsi memori pada orang yang lanjut usia.

Sedangkan menurut para peneliti dari Jepang, pohon pinus diketahui dapat meringankan beban stress. Dengan berjalan-jalan selama 15 menit per hari di hutan pinus, maka tingkat stress akan berkurang. Ini disebabkan oleh aroma pinus yang memang menyegarkan. Tak hanya itu, pinus juga dapat meredakan pilek, asma dan sinusitis.

Selain manfaat bagi tubuh manusia, tumbuhan pinus juga dapat menjaga kesehatan lingkungan. Pohon ini dapat berfungsi sebagai penyangga air.

Dari segi bisnis, menanam pohon pinus juga termasuk menjanjikan. Hal ini karena banyaknya permintaan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pohon pinus sering dijadikan sebagai bahan pembuat aroma terapi, yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat.

Untuk menanam pohon pinus diperlukan buah-buah pinus yang berguna sebagai bibit. Bibit ini didapat dari biji buah pinus. Setelah mendapatkan biji yang baik, selanjutnya biji-biji itu ditaburkan. Yang harus diperhatikan sebagai lahan penaburan bibit ini adalah, lahan yang bebas dari hama penyakit dan dapat merangsang proses perkecambahan bibit pinus.

Tanah yang paling cocok adalah campuran antara tanah pasir dan tanah humus, dengan perbandingan 1 : 2. Proses perkecambahan bibit pinus ini akan berlangsung kurang lebih antara 10 – 15 hari.

Setelah itu, barulah bisa ditanam di lahan yang sesungguhnya. Cara menanam pohon pinus yang sedikit merepotkan itu memang berbanding lurus dengan manfaat dan hasilnya.

Selanjutnya : Manfaat Kebutuhan Vitamin C Sehari untuk Tiap Orang
Sebelumnya: Tipe Jenis Perfume Di Dunia Yang Paling Mahal Dan Terkenal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar