Cara Menanam Selada di dalam Pot


Bagaimana cara menanam selada? Daun selada mungkin termasuk sayuran paling populer di dunia. Mulai dari masyarakat Barat sampai masyarakat pedesaan di Indonesia, gemar mengonsumsinya. Daun selada praktis untuk dikonsumsi, karena tidak perlu dimasak.

Cukup dicuci sampai benar-benar bersih, lalu dijadikan lalapan atau dimasukkan ke dalam burger. Jika Anda gemar makan daun selada, bagaimana kalau mencoba  di dalam pot?

Daun Selada

Selain rasanya yang segar, selada mengandung mineral yang penting bagi kesehatan tubuh, seperti iodium, fosfor, zat besi, kobal, seng, tembaga, mangan dan potasium. Mineral-mineral itu akan menjaga keseimbangan tubuh.

Selada adalah tanaman yang umurnya hanya semusim. Tumbuhan ini baik jika ditanam di dataran tinggi, di tanah subur yang mengandung humus, pasir atau lumpur. Sedangkan di dataran rendah, selada juga dapat hidup, tapi daunnya tidak akan sebesar daun selada yang ditanam di dataran tinggi.

Selada dapat ditanam, baik di musim kemarau maupun musim hujan. Jika ditanam ketika musim kemarau, harus sering disiram agar media tanamnya selalu dalam keadaan lembab.

Jika tidak punya cukup lahan, selada pun dapat ditanam di pekarangan yang sempit, dengan menggunakan pot atau polybag. Sedangkan selada yang paling banyak dibudidayakan adalah selada bokor (selada mentega) dan selada krop (lettuce).

Sebelum ditanam, benih selada perlu disemai terlebih dahulu. Sebelum disemai, sebaiknya benih direndam dulu dalam air hangat selama semalam. Setelah itu, sebar benih-benih tersebut ke tempat persemaian.

Sekitar satu minggu kemudian, barulah dipindahkan ke pot atau polybag. Sebelumnya, isi dulu pot dan polybag tersebut dengan tanah yang mengandung humus. Usahakan merata di seluruh bagian, tapi jangan terlalu padat.

Cara menanam selada berikutnya adalah memperhatikan masalah pemupukan. Sebaiknya gunakan pupuk organik. Beri pupuk pada tanah sebelum selada dipindahkan ke dalam pot atau polybag.

Jangan lupa untuk rajin menyiraminya. Selain itu, untuk menghindari adanya hama pada tanaman selada, gunakanlah pestisida alami. Selada dapat dipanen dalam waktu 2 bulan. Jika dilakukan dengan tekun, bukan tidak mungkin hobi menanam selada dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Selanjutnya : Beberapa Obat Eksim yang Bagus untuk Anda
Sebelumnya: Bangunan Postmodern di Solo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar