Cara Menanam Strawberry


Bagaimana cara menanam strawberry? Siapa tak kenal dengan buah yang berbentuk cantik dan berwarna merah ini? Strawberry digemari hampir semua kalangan, baik anak-anak maupun orang tua. Rasanya manis dan segar. Selain itu manfaatnya pun banyak.

Strawberry

Strawberry sangat penting bagi kesehatan mata, kulit, otak dan jantung. Hal ini adalah karena kandungan antioksidan dan asam ellagik yang ada pada buah ini. Strawberry pun menjadi buah yang dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Tak heran, banyak orang yang ingin mempelajari  ini.

Menanam strawberry sebaiknya di daerah yang terletak di dataran tinggi, yaitu antara 1000 sampai 1500 meter di atas permukaan laut, dengan kelembaban 80 – 90%, cukup banyak mendapat sinar matahari, suhu antara 17 – 20 derajat Celsius dan menggunakan tanah liat yang berpasir, mengandung zat-zat organik, gembur dan mampu menyerap air serta udara dengan baik.

Buah strawberry banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, terutama di Bandung dan sekitarnya. Seperti di daerah Lembang yang beriklim dingiin karena berada di wilayah dataran tinggi.

Bibit strawberry dapat diperoleh dengan 2 cara, yaitu dengan perbanyakan stolon dan benih anakan. Setelah benih diperoleh, dapat ditanam di lahan yang sebelumnya sudah diberi pupuk kandang atau kompos.

Jika ada tanaman yang tumbuhnya tidak normal atau bahkanmati, sebaiknya segera diganti. Setelah berusia 15 hari, lakukan penyiangan, yaitu membersihkan gulma yang ada di sekitar tanaman strawberry.

Tanaman strawberry termasuk tanaman yang rentan terkena hama dan penyakit. Oleh karena itu, saat menanam strawberry harus benar-benar diperhatikan. Jika sudah ada gejala tidak normal, maka sebaiknya segera diobati agar tidak menyebar. Dan buah yang dihasilkan pun bisa diantisipasi sedini mungkin.

Strawberry akan berbunga setelah berusia 2 bulan. Sedangkan cara menanam strawberry adalah saat pemetikan, agar buahnya tidak cepat rusak atau busuk. Ketika dipetik, strawberry harus dimasukkan ke dalam wadah secara hati-hati dan disimpan di tempat yang teduh. Setelah itu, masukkan dalam wadah tertutup dan diberi lubang untuk aliran udara.

Selanjutnya : Banjir di Kota Tangsel
Sebelumnya: Wisata Pantai Pulau Batam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar