Cara Menanam Tomat Merah dengan Baik dan Benar


Jika Anda ingin berkebun tomat merah, maka yang harus dibutuhkan adalah Anda harus tahu cara menanam tomat merah dengan baik dan benar. Dengan mengetahui hal tersebut maka bisa menguntungkan pada Anda sendiri ketika sedang panen.

Tomat sendiri bukanlah tanaman mahal, namun selalu dibutuhkan masyarakat. Tanaman tomat sendiri terdiri dari berbagai macam yang bisa digunakan untuk buah, sayur bahkan bahan dasar kosmetik dan buah-buahan.

Ciri-ciri Tanaman Tomat

Untuk ciri-ciri dari tanaman tomat adalah bentuknya perdu, berumur pendek, berakar tunggang, berbatang persegi dan berbulu halus, buah tomat berbentuk bulat dan pipih, namun ada yang sedikit lonjong seperti bola lampu. Kemudian buahnya mengandung banyak air, bunganya berwarna kuning membentuk terompet kecil, daun bercelah dengan tulang daun menyirip.

Berdasarkan dari pertumbuhannya mempunyai dua jenis yaitu tomat yang mempunyai postur pendek dan tinggi. Tomat yang posturnya tinggi biasanya buahnya lebih banyak dan menggantung. Kalau yang postur pendek terletak di ruas sekitar batang dan ujung tanaman.

Cara Menanam Tomat

Untuk cara menanam tomat merah harus mengikuti beberapa ketentuan, seperti bagaimana cara penanamannya, pupuk yang digunakan, pencahayaannya, air yang diberikan, pencegahan terhadap hama, gulma dan penyakit, dan bagaimana mengatasinya. Sebelum menanam pastikan tanahnya gembur atau sudah dicangkul.

Sebarkan biji tomat, berikan jarak dari setiap pemasangannya. Buat lubang ketika memasukkan biji tomat tersebut, lalu tutup. Jika tanah tersebut menggunakan pupuk kandang, maka itu semakin bagus.

Jika tidak gunakan pupuk urea pada setiap lubangnya 1/5 sdm. Dalam waktu 5-7 hari biji tomat akan tumbuh, setelah dua minggu biji yang tumbuh bisa dipindah dan dimasukkan ke kantong plastik. Untuk minggu-minggu pertama hindari kontak langsung dengan matahari, terutama siang hari.

Perawatan Tanaman Tomat

Setelah penanaman, mulailah beberapa tahap perawatan. Seperti penyiraman, pemupukan, pemusnahan hama, gulma dan pencegahan penyakit, pemasangan sandaran kepada tomat yang sudah tumbuh dan semakin membesar, pemotongan tunas.

Dalam penyiraman sebaiknya lakukan dua kali, terlalu banyak air akan menjadikan genangan dan bisa menimbulkan penyakit. Namun jangan pula menjadikan tanaman tersebut kering. Untuk pupuk gunakan 1 sdm pupuk NPK setiap dua minggu sekali.

Beberapa hama tanaman tomat yang perlu diwaspadai adalah ulat tanah, ulat buah, kutu daun, lalat buat. Untuk pengendaliannya harus melakukan penyemprotan, agar hama menghilang dan tidak muncul. Jika menyerangnya sedikit bisa dengan potong daun yang ditempeli  lalu bakar.

Untuk tahap panen dari tomat biasanya membutuhkan waktu 4 bulan. Ketika tomat dipanen dan hasilnya bagus dan segar, maka penerapan dalam cara menanam tomat merah dengan baik dan benar berhasil.

Selanjutnya : Alay, Budaya Modern di Indonesia?
Sebelumnya: Bagian Bagian Buah Mahoni
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar