Cara Menangani Orang Depresi

Ada yang mengatakan bahwa cara menangani orang depresi yang paling mudah adalah menjadi pendengar yang baik. Tapi bagaimana kalau orang depresi itu tidak mau berbicara dan memaparkan masalah yang dihadapinya? Atau bagaimana pula kalau orang depresi itu tidak tahu kalau ia sedang depresi. Tiba-tiba ia langsung melakukan tindakan mengarah kepada menyakiti diri sendiri.

Mengenal Ciri Orang Depresi

Cara menangani orang depresi yang paling tepat adalah dengan mendampinginya. Tapi kenali dahulu ciri-ciri orang depresi. Biasanya orang depresi itu kurang tidur. Pikirannya ke mana-mana sehingga beban pikiran ini mempengaruhi waktu tidur. Pada saat tidur pun ia banyak mendapatkan mimpi yang akan mengganggu pikirannya.

Porsi makan pun menjadi sangat berkurang dan ia sering terlihat termenung. Dunia ini dianggapnya tidak menyenangkan sehingga ia pun ingin segera meninggalkan kefanaan. Orang yang tidak banyak ilmu agama, biasanya mudah terkena depresi. Orang yang sering mendapatkan tekanan pun bisa depresi. Masalah hati seperti cinta, cemburu, dan patah hati, merupakan di antara masalah penyebab depresi.

Orang yang depresi pun biasanya menarik diri dari pergaulan. Tidak ada keceriaan dan tidak ada mimpi untuk masa depan. Hidupnya seakan telah terhenti dan ia tidak mau lagi maju. Ia merasa sendiri dan tidak ada orang yang memperhatikannya ataupun menyayanginya. Orang depresi merasa hidupnya sangat sunyi dan ia merasa sangat kesepian.

Cara Membantu Orang Depresi

Segera hubungi dokter jiwa. Inilah langkah yang cukup tepat. Biayanya memang cukup besar, tapi kalau untuk kasus depresi yang sangat berat hingga mengamuk, penanganan di rumah sakit jiwa adalah yang paling jitu.

Jangan sampai orang yang depresi ini melakukan hal-hal yang mengerikan misalnya membunuh darah daging sendiri. Hal ini bukan perkara baru. Bahkan ada seorang ayah depresi yang menyembelih anaknya yang baru berusia 8 tahun. Leher sang anak putus. Lebih mengerikan lagi karena kejadian itu disaksikan oleh ibu kandung sang anak.

Dampingi orang yang depresi dan berusaha untuk mengajaknya berobat. Jangan beri makanan dari daging karena akan meningkatkan agresivitas. Berikan melon sebelum makan yang lain agar metabolismenya lancar. Sayuran dan buah-buahan serta kacang kedelai bisa membuat energinya sedikit berkurang.

Ajak ia beraktivitas yang menguras tenaganya. Buat orang yang depresi ini berkeringat agar ia banyak minum air putih atau air kelapa muda. Cara  menangani orang depresi seperti ini tetap saja harus didampingi oleh orang yang ahli agar tidak malah ikut depresi.

Loading...
Selanjutnya : Asam Urat Pada Wanita
Sebelumnya: Artis Tercantik Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar