Cara Menanggulangi Kemiskinan dan Pengangguran di Indonesia


Bagaimana cara menanggulangi kemiskinan dan pengangguran? Masalah kemiskinan dan pengangguran adalah masalah klasik negara-negara dunia ketiga, tak terkecuali Indonesia. Sebenarnya, kedua hal ini saling berkaitan. Kemiskinan ada karena adanya pengangguran.

Pengangguran di sini bukan berarti hanya sama sekali tidak memiliki pekerjaan, tapi juga memiliki pekerjaan yang tidak dapat untuk memenuhi kebutuhan hidup layak. Hal itu tentu dapat berpengaruh terhadap ketahanan suatu bangsa secara keseluruhan. Oleh karena itu, cara menanggulangi kemiskinan dan pengangguran mutlak harus dicari.

Mengatasi Kemiskinan dan Pengangguran

Salah satu hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran ini adalah memberikan bantuan kepada masyarakat untuk bisa berwiraswasta. Bantuan ini bisa dengan bantuan pinjaman modal atau hibah.

Bila bentuk yang diberikan adalah pinjaman modal, tentu sebaiknya dengan bunga yang serendah-rendahnya, atau bahkan tanpa bunga. Selain itu, pemerintah juga bisa melakukan pelatihan bagi para warga usia produktif. Pelatihan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di dunia kerja.

Tentunya tidak hanya pemerintah yang diharapkan melakukan usaha-usaha untuk mengurangi tingkat pengangguran. Warga masyarakat yang lain pun diharapkan turun    tangan membantu pemerintah. Apa saja yang bisa dilakukan? Pertama, membuka lapangan kerja, misalnya dengan membuka usaha yang nantinya dapat menampung banyak tenaga kerja.

Atau bisa juga dengan membantu memasarkan produk-produk yang dibuat oleh para pengusaha kecil, hingga akhirnya usaha mereka bisa berkembang. Jika usaha mereka berkembang, tentu produksi dapat semakin meningkat, yang pada akhirnya membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak lagi.

Sedangkan masyarakat dari golongan mampu, bisa juga dengan memberikan beasiswa kepada anak-anak dari warga yang miskin. Dengan membantu pendidikan mereka, diharapkan anak-anak itu nantinya dapat menjadi orang yang mandiri dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan lebih baik lagi.

Tidak sedikit anak-anak dari kalangan warga miskin yang pandai. Jadi, tidak ada salahnya untuk membantu menyekolahkan mereka, agar mereka bisa menjadi orang yang berguna, yang dapat mengangkat keluarganya dari kemiskinan.

Cara menanggulangi kemiskinan dan pengangguran lainnya adalah dengan membantu memberikan bantuan modal atau pelatihan bagi warga yang memang ingin menjadi pelaku wirausaha. Dengan demikian, mereka pun diharapkan akan membuka lapangan kerja baru. Semua ini adalah tugas bersama sebagai warga negara Indonesia.

Selanjutnya : Zat yang Terkandung dalam Kangkung
Sebelumnya: Cermati Poin-Poin yang Harus Ada pada Makalah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar