Mengetahui Cara Menanggulangi Limbah

Limbah adalah sisa hasil produksi dari sebuah pabrik yang membutuhkan untuk dibuang. Akan tetapi pada saat ini, banyak pabrik besar yang seakan tak memiliki banyak kepedulian kepada lingkungan yang diperhitungkan hanyalah kepentingan dirinya sendiri.

Hal ini dapat dilihat dari sistematika pembuangan limbah pabriknya. Seharusnya, dalam melakukan pembuangan limbah ini harus dilakukan dengan cara menanggulangi limbah yang benar dan tepat.

Pembuangan Limbah

Limbah yang dibuang dengan tak bertanggung jawab ke lingkungan maka akan memberikan efek yang buruk kepada lingkungan. Kita dapat melihat bagaimana kedahsyatan dari pembuangan limbah yang sembrono ini terhadap kerusakan lingkungan.

Maka dari itulah, pembuangan limbah haruslah dilakukan dengan cara yang tetap mengedepankan misi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Namun di dalam melakukan ini, perusahaan pembuang limbah tersebut haruslah melakukan penanganan atau penanggulangan limbah itu sendiri. Dan tentu saja hal ini akan membutuhkan biaya untuk melakukannya.

Dengan demikian, hanya sebagian perusahaan yang memiliki keinginan dan rasa peduli untuk melakukan hal ini. Sementara itu, sebagian yang lainnya seenaknya saja membuang limbah ke alam tanpa perasaan berdosa telah mencemari dan merusak lingkungan.

Proses Penanggulangan Limbah

Cara yang dilakukan untuk menanggulang limbah ini disesuaikan dengan jenis dari limbah yang ada. Sebut saja ada limbah padat, limbah cair, dan juga limbah gas atau debu. Namun yang menjadi titik perhatian adalah pengolahan limbah sebelum dibuang ke alam sekitar. Sehingga ketika sudah dibuang ke alam, komposisi yang ada di dalam limbah tak lagi akan menyebabkan kerusakan alam sekitar.

Bagaimana cara mengatasi pencemaran limbah? Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Mengubah bentuk limbah ke bentuk barang yang lebih bermanfaat. Hal ini dapat terjadi padfa bentuk limbah padat. Misalnya mengubah limbah padat ini menjadi kompos.
  2. Mengurangi partikel limbah cair dari unsur yang merusak lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa proses fisika seperti penyaringan, penyerapan, flotasi, dan teknologi membran untuk menghilangkan unsur yang berbahaya.
  3. Pembuangan di area yang dipastikan tidak akan memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia. misalnya adalah sebelum dibuang dilakukan pengenceran, atau dibuang di dalam sumur resapan ataupun septic tank.

Semua cara menanggulangi limbah ini memang membutuhkan dana. Dan hanya perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan saja yang akan melakukannya. Sehingga, dibutuhkan peran pemerintah untuk lebih mengatur mengenai masalah limbah ini.

Loading...
Selanjutnya : Visi, Misi, dan Kelebihan Buku dari Penerbit Yudistira Ghalia
Sebelumnya: Sistem Pendaftaran Tes IPB dan Tip Lolos Masuk IPB
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar