Bagaimana Cara Menanggulangi Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja?


Bagaimana cara menanggulangi pergaulan bebas di kalangan remaja Indonesia yang masih menjunjung adat ketimuran? Pertanyaan itu pasti banyak terngiang di telinga Anda karena semakin tidak karuannya pergaulan bebas yang ada di dunia bahkan di Indonesia.

Cara-cara yang bisa ditempuh untuk menanggulanginya ialah mengisi waktu luang dengan sebuah kegiatan-kegiatan yang positif karena kegiatan diperuntukkan untuk remaja maka sebaiknya kegiatannya menyenangkan.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, bakti sosial, ikut kegiatan keagamaan serta masih banyak kegiatan-kegiatan yang lainnya. Kegiatan yang dilakukan ini jauh dari kegiatan yang sifatnya hanya senang-senang.

Namun kegiatan yang dilakukan ialah kegiatan yang bermanfaat. Karena biasanya pergaulan bebas di kalangan remaja terjadi akibat kebiasaan para remaja yang senang berkumpul tanpa adanya tujuan yang jelas dengan teman-temannya.

Tips dalam mengatasi pergaulan bebas yang lainnya ialah pandai-pandai dalam memilih teman bergaul. Apabila mengetahui seorang teman yang perilakunya kurang baik maka sebaiknya dihindari atau berteman sewajarnya saja. Karena pergaulan bebas sebabnya juga dari teman yang kurang baik yang akhirnya menyeret anak untuk menjadi seperti dirinya.

Jalan menuju pergaulan bebas salah satunya ialah dari jalan pacaran. Katakan tidak dengan yang namanya pacaran. Lebih baik pakai waktu yang ada untuk kegiatan yang positif untuk mencetak prestasi. Apalagi jika remaja masih belum cukup umur karena akan terbawa arus. Pacaran adalah ibarat pintu gerbangnya sex bebas. Tentu saja hal ini sangat merusak generasi bangsa.

Kondisi rumah yang tidak harmonis bisa membuat remaja lebih memilih bersama teman-temannya daripada menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah. karena itu sebagai orangtua wajib untuk mengkondisikan rumah menjadi sedemikian rupa sehingga anak akan betah di rumah.

Usahakan untuk membuat sebuah kegiatan menyenangkan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Sehingga kedekatan antar anggota keluarga bisa tercipta. Tentu saja hal ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat daripada anak keluyuran menghabiskan waktu tidak jelas.

Bagaimana cara menanggulangi pergaulan bebas di kalangan remaja? Semua peran, mulai dari diri sendiri hingga masyarakat ikut berperan dalam menanggulanginya. Semoga tidak semakin banyak pergaulan bebas yang membuat resah dalam kehidupan bermasyarakat.

Selanjutnya : Kisah Hidup Britney Spears
Sebelumnya: Arti dari Lagu “Tokecang”
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar