Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Meradang

Jerawat adalah masalah yang kerap timbul pada mereka yang memiliki  kulit yang berminyak.  Biasanya terjadi karena tersumbatnya jaringan minyak tersebut akibat debu, kotoran, dan lain-lain.  Jerawat menjadi sangat mengganggu apabila jerawat tersebut meradang. Rasanya tidak hanya sakit, tetapi terkadang disertai dengan gatal dan perih. Itulah sebabnya sebisa mungkin kita harus mengetahui cara mencegah agar jerawat tidak meradang.

Untuk mencegah peradangan kita harus mengenali penyebab peradangan jerawat tersebut. Penyebabnya tiada lain adalah masuknya kuman atau bakteri pada kulit yang berjerawat.

Loading...

Hasilnya jerawat meradang hingga di dalamnya mengandung nanah atau menjadi sangat merah. Pada kondisi inilah membuat tangan rasanya ingin menggaruk dan mengeluarkan isi dari jerawat ini. Berikut cara mencegah terjadinya peradangan pada jerawat:

Perawatan

Salah satu pencegahan terjadinya peradangan pada jerawat yaitu dengan mengurangi sentuhan pada jerawat. Dengan menyentuh jerawat, apalagi dalam keadaan tangan yang kotor, dapat menyebabkan masuknya bakteri pada jerawat. Oleh karena itu, usahakan untuk mengurangi penyentuhan langsung pada kulit yang berjerawat.

Berikutnya adalah upaya agar muka selalu dalam keadaan bersih. Caranya yaitu dengan mencuci muka secara teratur, terutama ketika pulang dari bepergian atau sehabis beraktivitas berat yang mengeluarkan keringat.

Kita disarankan untuk menggunakan sabun pencuci muka khusus untuk kulit berjerawat. Dengan begitu, mencuci muka tidak hanya membersihkan tapi juga mempercepat proses penyembuhan.

Pengobatan

Menggunakan obat atau jel penghilang jerawat bervitamin termasuk salah satu cara mencegah jerawat agar tidak meradang.  Dengan mengobati jerawat, maka risiko peradangan dapat berkurang. Jerawat bisa segera sembuh hingga tidak sampai pada fase peradangan. Obat penghilang jerawat yang bervitamin diperlukan untuk menutrisi kulit berjerawat agar segera pulih.

Perawatan lainnya yaitu dengan menggunakan masker khusus untuk muka berjerawat. Anda juga bisa menggunakan masker alami seperti tomat, strawberry, dan lain-lain. Atau buah-buahan yang mengandung vitamin C dan juga sebagai antioksidan. Dengan begitu, jerawat bisa segera pulih dan tidak sampai pada fase peradangan.

Jika Anda harus berias, maka gunakan make up yang ringan. Make up yang berat justru dapat menyumbat jerawat dan mengakibatkan jerawat meradang. Jika memang tidak terlalu penting untuk merias wajah, sebaiknya biarkan wajah tanpa make up selama mungkin sehingga muka bebas dari penyumbatan. Penggunaan lotion atau jel penghilang jerawat justru lebih disarankan sebagai cara mencegah jerawat agar tidak meradang.

Loading...
Selanjutnya : Inilah Ayat-ayat Ruqyah
Sebelumnya: Khasiat Makan Buah Olive
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar