Cara Mencegah Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja


Cara mencegah pergaulan bebas di kalangan remaja selama ini sedang dipikirkan berbagai pihak, baik keluarga, guru dan lembaga pendidikan, serta pemerintah. Namun angka keberhasilan tidak menunjukkan perubahan ke arah positif, malah cenderung bergerak vertikal/meningkat.

Seks Bebas di Kalangan Remaja

Secara sempit dan sederhana, pergaulan bebas mencakup seks pranikah di kalangan remaja serta pemakaian obat-obatan terlarang. Gaya interaksi sosial di kalangan remaja yang melewati batasan norma dan sosial inilah yang dipermasalahkan.

Siapa yang salah? Bukan globalisasi tentunya. Arus global yang menghantam dunia dan seolah memporak-poranda segala batas sosial dan budaya memang memiliki andil namun dia bukanlah sosok yang disalahkan dalam kasus ini. Segala hal yang ada di dunia memberikan manusia pilihan bebas untuk memilih; terjerumus atau mengendalikannya. Para remaja telah terjerumus tanpa mampu mengendalikannya. Pembentukan kepribadian, itulah yang masih tidak menjadi fokus utama dalam dunia remaja.

Membentuk suatu pribadi tidak menjadi sebuah proses dengan program biasa yang bisa diterapkan dengan mudah. Tetapi itu adalah hal yang dipelajari seumur hidup seseorang. Manusia selalu berkembang. Jadi yang diperlukan adalah dasar yang kokoh yang akan menentukan arah pertumbuhan ke depan. Jadi cara mencegah pergaulan bebas di kalangan remaja adalah dengan menginves kepribadian anak sejak dini. Orangtua mengambil peranan yang amat penting di sini,sebelum para guru dan pemerintah.

Menanamkan Nilai-nilai Sosial dan Iman

Nilai-nilai hidup yang diperoleh anak pada masa awal perkembangannya akan mengikutinya seumur hidup sekaligus membentuk kepribadiannya. Memberikan pengetahuan tentang keTuhanan sesuai agama masing-masing, jangan menghakimi mereka tetapi biarkan anak meresapi dan merasakan sosok Tuhan dalam kehidupan mereka. Ibarat sebuah pohon, jika tumbuh di tanah yang subur dia tidak akan kerdil dan rapuh. Orangtua haruslah bijak, karena mereka yang bijak akan menjadi panutan.

Lebih Mengajari Mereka Mencintai Buku daripada Televisi dan Alat Elektronik

Bangsa kita terhambat dalam proses pendidikan, salah satunya adalah minat baca yang amat rendah. Padahal buku adalah jendela kehidupan yang turut membentuk kepribadian anak. Ketika membaca, anak akan terdorong untuk menjadi apa yang mereka baca. Pengetahuan menjadi luas dan bisa menentukan sendiri hal-hal mana saja yang bisa mereka tempuh dan mana yang ada batasannya. Buku membuat orang kreatif dan mengasah cara berpikir.

Pendidikan Seks Sejak Dini

Jangan tabukan seks di depan anak-anak. Beri mereka pengetahuan dan pengertian. Orangtua adalah sahabat terdekat untuk menjelaskan mengapa harus ada pernikahan sebelum melakukan seks serta memberitahukan kepada mereka bahwa pubertas adalah hal yang wajar.

Demikian cara mencegah pergaulan bebas di kalangan remaja yang bisa ditempuh.

Selanjutnya : Cara Mention Orang Dari BB
Sebelumnya: Pemilihan Bibit Pohon Mangga Gedong Gincu Indramayu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar