Cara Mencegah Pergaulan Bebas di Kalangan Orang Muda


Bagaimana cara mencegah pergaulan bebasPergaulan bebas di zaman sekarang sudah sangat sulit untuk dibendung. Akibat adanya pengaruh dari dunia luar, orang-orang muda masa kini sudah tidak malu-malu lagi melakukan hal-hal yang dulu tabu bila dilakukan. Bahkan, mereka juga semakin biasa untuk melakukannya di depan umum.

Padahal, selain tidak sesuai dengan kepribadian bangsa sebagai bangsa Timur, pergaulan bebas juga cenderung membahayakan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Adakah cara mencegah pergaulan bebas ini, khususnya di kalangan kawula muda?

Mencegah Pergaulan Bebas

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menanamkan iman yang kokoh di dalam diri anak-anak muda itu. Semua agama sebetulnya mengajarkan untuk tidak berhubungan seks sebelum menikah. Tapi, budaya Barat mengizinkannya.

Inilah yang membuat anak-anak muda tidak lagi mengimani ajaran agamanya dengan baik dan bersikap sangat cuek terhadap ajaran agama. Mereka menganggap bahwa apa yang dilihat di televisi itu adalah sesuatu yang keren, sehingga mereka melakukannya.

Memberikan pemahaman yang baik bahwa budaya tidak sama dengan agama adalah hal yang penting. Sebetulnya, banyak masyarakat Barat yang masih berpegang teguh pada ajaran agamanya, dengan menghindari seks bebas. Tapi, hal itu tidak terlalu diekspos di sini, sehingga anak-anak muda itu hanya tahu bahwa orang Barat pasti melakukan seks bebas.

Adanya anggapan bahwa apa yang dilakukan oleh orang Barat adalah hal yang keren, membuat anak muda di sini pun melakukannya. Inilah yang harus ditanamkan pada mereka.

Sebab, banyak orang muda di negara-negara Barat yang akhirnya menyesal telah melakukan seks bebas. Tanamkanlah pada anak-anak muda kita, bahwa daripada menyesal, lebih baik mencegah dengan tidak melakukan pergaulan bebas.

Selain menanamkan ajaran agama, nilai-nilai ketimuran tentu juga harus diajarkan pada anak-anak sejak kecil. Bagaimanapun sebagai orang Timur, sebaiknya berlaku menurut adat dan nilai-nilai yang berlaku.

Cara mencegah pergaulan bebas lainnya adalah dengan membatasi anak-anak untuk menonton televisi. Sejak kecil, buatlah jadwal menonton TV yang ketat. Pilihkan juga tayangan apa saja yang cocok untuk mereka.

Jika dari kecil dibiasakan tidak terlalu sering menonton TV, tentu mereka akan mencari kegiatan yang lain, misalnya membaca atau browsing di internet. Untuk yang terakhir ini, pencegahan dapat dilakukan dengan memblokir situs-situs yang mengandung pornografi.

Selanjutnya : Tata Cara Membuat Komik di Kota Bandung
Sebelumnya: Beberapa Tips Untuk Membuat Pacar Terbuka Dengan Kita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar