Cara Mencintai Lingkungan


Lingkungan hidup kita semakin lama semakin tua. Sama seperti manusia, semakin tua berarti semakin membutuhkan banyak hal untuk menjaganya agar tetap sehat. Apalagi, perusakan lingkungan terjadi di mana-mana, sehingga cara mencintai lingkungan benar-benar harus dilakukan.

Cinta kepada Lingkungan

Untuk menunjukkan rasa cinta kepada lingkungan hidup kita, sebaiknya lakukan dengan mencintai tempat hidup kita, serta lingkungan yang paling dekat dengan kita. Usahakan agar lingkungan kita selalu bersih. Hal ini, selain penting untuk menjaga kelestariannya, juga berguna bagi kita penghuninya agar tetap sehat.

Lingkungan bersih ini berarti bebas dari sampah. Oleh karena itu, buang sampah pada tempatnya. Tidak cukup hanya itu, membuang sampah juga harus dipilah-pilah. Mengapa? Karena masing-masing sampah memiliki metode tersendiri untuk bisa terurai.

Sampah organik sebaiknya dipisahkan dari sampah anorganik. Sampah organik dapat hancur dan membusuk dengan sendirinya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Contohnya adalah daun-daunan. Oleh karena itu, selalu siapkan dua  tempat sampah untuk menampung kedua jenis sampah yang berbeda ini.

Pemilahan sampah-sampah ini ternyata juga akan menghindarkan bau sampah yang menyengat. Sampah organik yang sudah membusuk pun dapat digunakan sebagai humus.

Sedangkan untuk sampah anorganik, sebaiknya dilakukan daur ulang. Reduce, reuse, recycle harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan. Jangan membuang barang yang masih bisa digunakan lagi, atau menggunakan suatu barang yang masih bisa digunakan. Misalnya, jika sebuah botol atau baskom sudah tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, masih bisa digunakan sebagai pot atau yang lainnya.

Masih berhubungan dengan sampah, jangan membuang sampah sembarangan. Jika memang tidak bisa menemukan tempat sampah, sebaiknya simpan dulu benda yang hendak dibuang itu di dalam kantong atau tas.

Setelah itu, baru dibuang jika menemukan tempat sampah. Sediakan juga tempat sampah di dalam mobil. Sungguh hal yang sangat memprihatinkan karena masih banyak orang yang membuang sampah di jalan. Padahal orang-orang itu tengah menaiki sebuah mobil mewah.

Cara mencintai lingkungan yang lain adalah dengan membawa tas belanja sendiri. Lakukan diet kantong plastik, karena kantong plastik adalah salah satu yang menyebabkan pemanasan global. Sampah plastik sulit diuraikan dalam waktu singkat. Dengan membawa tas belanja sendiri, berarti telah membantu mengurangi sampah plastik yang tersebar di lingkungan ini.

Selanjutnya : Beda Velg Mobil Cor dan yang Tidak
Sebelumnya: Kisah Pendirian Kerajaan Aceh Secara Singkat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar