Cara Menerjemahkan Bahasa di Film


Bagaimana cara menerjemahkan bahasa di film? Kita pasti pernah menonton film dengan bahasa asing yang tidak dipahami maksudnya. Satu-satunya cara mengatasi hal ini adalah dengan memasukkan teks terjemahan (subtitle) ke dalam film. Tapi sebelum memasukkan teks, kita harus lebih dahulu menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia.

Menerjemahkan Bahasa dalam Subtitle

Ada dua cara menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia, yaitu secara manual dan otomatis. Mana yang lebih mudah dan mana yang kualitasnya lebih baik? Simak dulu uraian berikut ini.

1.    Terjemahan Otomatis

Menerjemahkan bahasa secara otomatis berarti menggunakan software penerjemah/translator, bisa juga memanfaatkan layanan Google Translate yang dapat diakses lewat internet. Di bawah ini adalah langkah-langkah menerjemahkan subtitle dengan cara otomatis.
•    Download teks atau subtitle film dari internet. Biasanya file subtitle memiliki ekstensi .srt
•    Ubah ekstensi file menjadi .txt lalu buka file tersebut.
•    Copy seluruh isi file. Gunakan software penerjemah atau Google Translate untuk menerjemahkan teks tersebut.
•    Bila sudah, simpan ke dalam bentuk file .srt lagi.

2.    Terjemahan Manual

Cara menerjemahkan bahasa di film yang kedua adalah dengan cara manual. Dibandingkan dengan cara otomatis, teks terjemahan manual ini biasanya akan lebih bagus dan mudah dipahami, tapi dibutuhkan pengetahuan bahasa asing serta kesabaran dalam melakukannya.

Cara manual ini hampir sama dengan cara sebelumnya. Setelah mengunduh subtitle dan mengubahnya menjadi file .txt, buka file tersebut dan mulai terjemahkan teks satu per satu. Software penerjemah, Google translate, atau kamus bisa digunakan sebagai bantuan.

Memasukkan Subtitle ke Film

Setelah mengetahui cara membuat subtitle film, hal berikutnya yang harus dipahami adalah memasukkan subtitle tersebut ke dalam film. Berikut adalah cara memunculkan subtitle di film.
•    Pastikan file film dan file subtitle ada dalam satu folder yang sama. Pastikan pula nama kedua file tersebut sama. Misalnya nama file film adalah ‘Jelangkung’, maka nama file subtitle juga harus ‘Jelangkung’. Bila nama file sama, subtitle akan otomatis muncul saat film diputar.
•    Memunculkan subtitle juga bisa lewat software pemutar video. Untuk cara ini, nama file subtitle tidak perlu sama dengan nama file film. Misalnya memutar film dengan GOM Player, kita tinggal memutar film, klik kanan pada video, tekan Open, Subtitle, dan pilih file. Bisa juga langsung menekan Alt+O.
•    Drag subtitle juga bisa dilakukan. Saat video sudah diputar, drag file subtitle langsung ke arah video, subtitle akan otomatis muncul.

Demikian artikel tentang cara menerjemahkan bahasa di film. Bagaimana, mudah bukan? Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Cara Mengasinkan Telur Bebek
Sebelumnya: Pengertian Peristiwa Kejiwaan Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar