Cara Mengajar Matematika untuk Anak-anak


Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang banyak ditakuti oleh sebagian besar orang, sekalipun untuk anak-anak. Meskipun ada yang menganggap mata pelajaran Matematika hal yang mengasyikkan dan menarik, tetap saja bagi orang-orang yang lebih mengandalkan otak kanannya akan mengalami ketakutan tersendiri. Beberapa sebab yang membuat orang, khususnya anak-anak takut dengan mata pelajaran satu ini. Salah satu yang turut berpengaruh adalah bagaimana cara mengajar Matematika yang menarik dan asyik bagi mereka.

Ketika anak dihadapkan pada pelajaran ini mereka tidak terbebani dengan perintah-perintah mendetekte mereka menjawab dengan benar. Tapi mengajarkan serta mengenalkan Matematika menggunakan penyampaian yang menarik, komunikatif dan jenaka. Bisa juga diperkenalkan lewat media lain, sehingga anak tidak hanya diajarkan lewat buku panduan. Berikut adalah beberapa cara mengajar pelajaran Matematika dengan cara yang menyenangkan.

Ajak Anak ke Luar Kelas

Mengajak anak ke luar dari kelas, ajak mereka di halaman kelas yang penuh dengan tanaman bunga (misalnya ada), atau ajak anak untuk berjalan-jalan kebun. Suruh anak-anak untuk memetik berbagai jenis bunga atau dedaunan yang berbeda. Setelah itu, suruhlah anak-anak untuk menghitung satu per satu. Biarkan mereka mengimajinasikan apa yang didapatkan dengan cara mereka sendiri.

Belajar Menghitung Bunga di Belakang Sekolah

Hampir sama dengan poin yang di atas, anak yang memetik bunga dengan jenis berbeda kemudian disuruh mengklasifikasikan (boleh berdasarkan warna yang sama, jenis tanaman atau hal lain), kemudian suruhlah mereka menaruh di atas meja. Di sinilah pengajar menuntun mereka untuk menjadi model, pengajar mulai menghitung bunga satu dengan yang lain ketika ditambahkan akan diperoleh hasil. Misalnya bunga dua bunga mawar + satu bunga sepatu jumlahnya ada tiga bunga.

Penangkapan anak mengajarkan berhitung dengan cara ini dengan menggunakan media tulis lebih mudah pahami mereka. Karena mereka melihat secara konkrit di depan mata kepala mereka sendiri, tidak hanya diselembar kertas yang penuh dengan gambar.

Inilah sekilas tentang cara mengajar Matematika untuk anak-anak. Tujuannya, anak tidak lagi mengalami ketakutan ketika berhadapan dengan pelajaran Matematika. Semoga tulisan ini mampu memberikan inspirasi bagi para pendidik di Indonesia.

Selanjutnya : Kiat-kiat Berwirausaha
Sebelumnya: Renungan Islami tentang Kekuatan Diri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar