Cara Mengajar Siswa SD Kelas 1


Guru menjadi profresi yang banyak dimanati. Selain mendapatkan tunjangan dan pensiun, menjadi guru dianggap profesi yang menjanjikan untuk masa depan. Tidak heran jika beberapa fakultas, khususnya di daerah Yogyakarta, jurusan pendidikan guru selalu dipadati oleh mahasiswa. Mereka ingin seusai kuliah langsung bisa bekerja sebagai guru. Guru identik dengan dunia mengajar tidak selamanya mulus yang dibayangkan, khususnya bagi guru yang mengajar di TK dan SD. Biasannya mereka lebih bersabar, karena masa-masa SD anak-anak sulit diatur. Berikut ada beberapa cara mengajar siswa SD kelas 1 yang masih sulit.

Kenali Mood Anak

Siswa SD kelas satu sikap dan tingkah lakunya banyak terbawa dengan kondisi lingkungan di rumah. Misalnya masih suka bermain sendiri, keluar kelas di saat pelajaran atau bahkan menangis dan mengompol di kelas. Ketika guru dapat melihat mood anak sedang buruk, bangkitkan semangat dan mood mereka dengan permainan. Anak pada dasarnya belum siap untuk belajar secara formal dalam jangka waktu lebih dari 2 jam.

Belajar Sambil Bermain

Mengatasi mood yang tidak baik, guru tetap bisa melakukan proses belajar mengajar. Misalnya belajar menggunakan kartu. Mendesain pembelajaran dengan berbeda, tentu saja masih sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan. Sesekali membagi menjadi beberapa kelompok untuk permainan juga perlu, nanti mereka diberikan semacam game edukatif terhadap mereka. Cara-cara seperti ini membantu agar anak tetap melakukan gerak motorik mereka yang masih dalam proses berkembang dengan cara yang tepat.

Melatih Kedisiplinan pada Siswa

Prinsip pendidikan di SD dan TK memang jauh berbeda. Di SD, anak benar-benar dilatih belajar dengan cara yang formal. Duduk di kelas sambil memerhatikan guru mengajar selama hampir dua jam di jam pertama. Peralihan masa TK ke masa SD inilah yang masih sulit dikendalikan oleh guru, karena ketika guru menjelaskan di papan tulis tidak jarang siswa bermain sendiri, dan di sini guru benar-benar bagaimana caranya mampu menanamkan kedisiplinan.

Seorang Guru Memiliki Kesabaran

Dari poin di atas, seorang guru yang mengajar SD kelas 1 harus memiliki kesabaran dua kali lipat dibandingkan guru-guru di SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Seorang Guru yang pemarah akan menjadikan anak-anak takut bahkan tidak mau masuk sekolah lagi.

Inilah tips cara mengajar siswa sd kelas 1 . Semoga tulisan ini bermanfaat memberikan wacana baru agar pendidikan lebih baik, berkualitas, dan mampu meluluskan yang terbaik.

Selanjutnya : Alat Kelamin Terasa Sakit pada Laki Laki
Sebelumnya: Mengenal Jenis-Jenis Kelinci Konsumsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar