Cara Mengatasi Blank pada Layar Tv


Layar TV blank tidak perlu panik, masih dapat diperbaiki. Tv merupakan salah satu alat elektronik yang begitu lekat dan bahkan menjadi bagian dari hidup. Tawaran program televisi yang beraneka ragam membuat Kita semakin sulit lepas dan beranjak pergi dari depan televisi.

Terlihat begitu cemas, panik, dan sepi ketika Tv mengalami kerusakan dan kita bukan ahli di bidang pertelevisian. Tidak perlu khawatir, kita dapat mengatasinya. Bagaimana cara mengatasi blank pada layar Tv? Berikut adalah beberapa poinnya.

1. Perhatikan merk TV

Merek Tv satu dengan yang lain berbeda-beda. Apalagi Tv yang terbuat dari negara yang berbeda. Meskipun prinsipnya sama, tetapi penataan dan beberapa komponen perakitannya berbeda. Ketika tv A rusak (kerusakannya kasusnya sama), maka bisa di diagnosis bahwa Tv tersebut mengalami kerusakan yang sama.

2. Cek tegangan

Ketika Tv mengalami blank, cek terlebih dahulu. Perhatikan layar televisinya, apakah layar monitor hitam, bergaris putih horizontal, atau masih ada layar. Jika sudah, maka segera bongkar dan lakukan beberapa pengecekan pada beberapa komponen soket CRT dan perlatan bengkel Tv.

3. Cek katoda soket

Kerusakan yang biasa dialami kasus blank ini karena terjadi kerusakan pada katoda soket. Inilah yang menyebabkan layar tv kasusnya ada yang menunjukkan garis horizontal berwarna merah, hijau, maupun biru. Warna ini tergantung dari short katoda yang rusak dibagian warna yang mana. Jika katoda warna hijau, maka layar akan terlihat garis horizontal berwarna hijau.

Apabila tv merk lama mengalami kerusakan akan kesulitan pengganti komponen yang rusak karena pabrik Tv tersebut tidak lagi memproduksi. Salah satu jalan keluar mencari penganti onderdil yang sudah rusak tersebut ke toko elektronik bekas. Mengingat sekarang banyak alat elektronik keluaran terbaru dengan harga yang miring.

Cara mengatasi blank pada layar Tv bagi orang yang awam dengan elektronik, lebih baik dibawa langsung ke ahli bengkel tv. Karena apabila ingin dibenahi sendiri, sedangkan tidak di dukung dengan pengetahuan tentang elektronik, justru akan memperparah tingkat kerusakan tv itu sendiri. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.

Selanjutnya : Pembahasan Kamera Hp Nokia Diatas 2 Mp
Sebelumnya: Cara Mengatasi BAB pada Bumil Agar Tetap Sehat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar