Cara Mengatasi Limbah Kotoran Ayam


Cara Mengatasi Limbah Kotoran Ayam

Cara mengatasi limbah kotoran ayam yang menggunung sebenarnya tidak susah. Karena pada asalnya kotoran binatang berguna sebagai pupuk tanaman. Maka dari itu, Anda tidak perlu risau jika limbah kotoran ayam menggunung.

Pada beberapa tempat, seperti di daerah pegunungan Dieng, kotoran ayam justru berharga mahal. Satu karung kotoran ayam bisa sampai puluhan ribu rupiah.

Padahal, orang disana membelinya dari luar daerah sampai ke Jawa Timur. Hal itu menandakan bahwa kotoran ayam sebenarnya memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Berbeda dengan limbah kotoran binatang lainnya seperti kucing misalnya. Limbah kotoran kucing sama sekali tidak memiliki nilai jual. Atau limbah kotoran sapi, sepertinya limbah kotoran sapi sangat minimal dalam nilai ekonomisnya.

Meski memang pada sebagian daerah juga memakainya untuk pupuk.

Cara mengatasi limbah kotoran ayam pada peternak ayam tidak susah. Minimalnya ada dua kemungkinan. Pertama, Anda bisa memakainya untuk makanan ikan lele.

Dimana biasanya para peternak membangun kandanganya di atas kolam lele. Jadi, ketika membersihkan limbah tinggal membuang saja di kolam. Atau cara kedua yaitu dengan memakainya sebagai pupuk tanaman. Istilah yang umum dikenal adalah pupuk kandang.

Atau kalau memang limbah kotoran ayam dari peternakan Anda memiliki volume yang sangat besar, Anda bisa menjualnya kepada petani. Di daerah Dieng, petani yang umum memakai limbah kotoran ayam sebagai pupuk adalah para petani kentang.

Cara mengolah limbah kotoran ayam pada nomor tiga yaitu menjual sebagai pupuk terbukti memiliki nilai keuntungan yang bagus. Anda sebagai peternak bisa memanfaatkan limbah kotoran ayam sebagai bekal untuk membayar para pekerja. Atau untuk ganti biaya perawatan selama setahun atau bisa juga dihitung bulanan.

Apapun itu tergantung dari cara Anda mengelola saja. Sepintar mungkin Anda harus bisa mengaturnya.

Cara mengatasi limbah kotoran ayam dengan menjadikannnya makanan ikan mungkin tergolong ekstrim. Dimana orang juga banyak yang tidak suka membeli ikan yang dikasih makan kotoran. Apalagi kotoran manusia.

Tapi, apapun itu cara mengatasi limbah kotoran ayam milik Anda, yang penting mendapatangkan keuntungan dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Dan semua itu kembali kepada Anda. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Selanjutnya : Olahraga yang Cocok Usia Persalinan Sudah Dekat
Sebelumnya: Beberapa Contoh Pelanggaran HAM yang Terjadi pada Pasal 27 ayat (1)
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar