Beberapa Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan


Bagaimana cara mengatasi pencemaran lingkungan? Menjaga keseimbangan alam berarti menjaga lingkungan di sekitar kita. Lingkungan yang bersih dan asri tentu akan membawa suasana damai bagi tiap orang yang menghuninya.

Menjaga Kebersihan

Sebelum menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, ada baiknya kita menjaga kebersihan rumah kita. Menjaga kebersihan rumah berarti kita telah menyelamatkan seisi rumah dari penyakit. Rumah yang sehat akan membuat penghuninya sehat.

Setelah kebersihan rumah kita terjamin, perhatikan pula kebersihan lingkungan kita. Pencemaran lingkungan yang sering terjadi mau tidak mau harus membuat kita lebih peduli terhadap lingkungan. Berbagai pencemaran lingkungan agaknya telah berada pada titik nadir. Ada beberapa cara mengatasi pencemaran lingkungan.

Namun, kita kenali dulu jenis pencemarannya. Pertama, pencemaran air oleh limbah rumah tangga dan pabrik. Kita tentu mengetahui bahwa air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup termasuk manusia.

Apa yang akan terjadi apabila manusia tidak dapat memperoleh air bersih? Meskipun lebih dari separuh wilayah indonesia adalah perairan, namun tak lantas menjadikan indonesia terbebas dari krisis air bersih. Pencemaran yang terlanjur buruk membuat beberapa daerah menggantungkan kebutuhan airnya pada bantuan pemerintah.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi ini adalah tidak adanya sanksi tegas untuk oknum-oknum yang mencemari sumber air. Limbah pabrik seharusnya diolah terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang.

Namun, mahalnya pengolahan limbah menjadi dalih para pengusaha untuk tidak menunaikannya. Akhirnya, warga sekitarlah yang menanggung akibatnya.

Sungai-sungai yang dahulu jernih menjadi hitam pekat terkontaminasi limbah berbahaya. Hal ini turut diperparah dengan sikap tidak disiplin masyarakat yang sering membuang sampah di sungai.

Jauhnya kantong-kantong sampah membuat masyarakat semakin malas untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain memberi peringatan keras bagi para pelanggar, tampaknya pemerintah juga perlu bekerjasama dengan dinas terkait untuk menyelesaikan masalah ini.

Selain air, masalah pencemaran yang sering menjadi perhatian bagi kita adalah udara. Kepulan asap hitam dari kendaraan bermotor yang masuk ke dalam paru-paru kita tidak bisa dianggap remeh.

Banyak penyakit akan semakin berpotensi menghinggapi tubuh kita. Sekali lagi, kerjasama semua elemen masyarakat dan campurtangan pemerintah akan menghasilkan cara mengatasi pencemaran lingkungan baik air maupun udara.

Selanjutnya : Ini Dia Tanaman yang Daunnya Mirip Pohon Asem
Sebelumnya: Cara untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar