Cara Mengatasi Peningkatan Penduduk

Penduduk dapat diartikan sebagai kumpulan individu yang ada dan tinggal di suatu wilayah tertentu. Jumlah penduduk dari satu kota dengan kota lainnya tentu akan berbeda dan bergantung pula dengan luas wilayah kota tersebut. Oleh karenanya ada satu wilayah yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi dan ada juga wilayah yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit.

Meningkatnya jumlah penduduk di suatu daerah sehingga terjadi kepadatan penduduk ini disebabkan karena beberapa aspek. Berikut ini akan dibahas mengenai faktor penyebab terjadinya peningkatan penduduk sehingga menjadi kepadatan penduduk sampai pada cara mengatasi peningkatan penduduk tersebut.

Loading...

Faktor Terjadinya Peningkatan Penduduk di Suatu Wilayah

Berbicara tentang peningkatan penduduk maka tidak akan lepas dari pembahasan mengenai angka kelahiran, angka kematian dan perpindahan penduduk atau migrasi dari satu daerah ke daerah lainnya. Perpindahan penduduk yang dapat menyebabkan kepadatan penduduk adalah perpindahan manusia dari desa ke kota.

Di kota-kota besar biasanya memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Hal ini disebabkan karena banyaknya penduduk desa yang mencari pekerjaan ke kota. Mereka menganggap bahwa mencari pekerjaan di kota memiliki kesempatan yang tinggi sehingga akan mudah mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar.

Pendapat tersebut memang tidaklah salah namun juga tidak begitu benar karena akan menimbulkan masalah lainnya dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk tersebut. Faktor kesempatan kerja yang dijadikan alasan orang untuk bermigrasi ke kota akan semakin sedikit karena lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan pelamar akibat adanya kepadatan penduduk tersebut.

Hal ini akan mendorong banyaknya kejahatan akibat dari adanya pengangguran. Akibat dari tingginya jumlah penduduk maka lingkungan pun tidak akan terkontrol. Selain itu,  rumah-rumah liar akan berdiri di lahan-lahan kosong karena tidak adanya tempat tinggal yang tersedia akibat dari biaya yang harus dikeluarkan tak cukup. Biaya hidup pun tinggi dan yang paling penting adalah sulit untuk mendapatkan air bersih.

Mengatasi Peningkatan Penduduk

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi lajunya pertumbuhan penduduk dan harus juga disadari oleh masyarakat itu sendiri. Cara tersebut adalah menggalakkan program keluarga berencana untuk mengurangi tingginya angka kelahiran.

Bisa juga dengan menunda masa perkawinan bagi yang belum cukup umur sehingga dalam menikah ada batas usia nikah yang diatur dalam undang-undang perkawinan. Selain itu pelaksanaan program transmigrasi tetap digalakan agar persebaran penduduk menjadi rata. Demikian beberapa cara mengatasi peningkatan penduduk.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Surat Karyawan Tetap
Sebelumnya: Penyakit Apa yang Bisa Berobat ke Spesialis Saraf?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar