Cara Mengatasi Rasa Gatal

Jangan abaikan rasa gatal. Gatal yang dibiarkan akan mengganggu aktifitas harian rutin. Banyak jenis ganguan kulit yang ditandai dengan gatal-gatal seperti ini. Apalagi gatal yang terjadi di bagian sensitif. Gatal-gatal semacam ini biasannya sering terjadi pada bagian lipatan-lipatan kulit, dimana lipatan pada kulit ini cenderung sarang kuman-kuman. Namun tidak perlu khawatir, karena gatal dapat diatasi dan dapat disembuhkan. Berikut adalah cara mengatasi rasa gatal.

Kurangi Konsumsi Makanan yang Manis

Banyak kemungkinan kenapa kulit sering mengalami gatal, salah satunya karena darah di dalam tubuh kita manis. Kulit gatal bisa pula mengindikasikan adannya darah kotor yang harusnya keluar tetapi tidak bisa keluar. Gatal hanya sebagian kecil tanda saja.

Makan Makanan yang Pahit

Makan makanan yang pahit juga perlu untuk dicoba, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit dari luar. misalnya mengkonsumsi sayur dari pare, daun pepaya dan makanan lain. Kuman bersarang di tubuh kita karena kulit dan rasa darah tubuh kita menis dan lezat bagi mereka.

Mandi dengan Air Sirih

Salah satu cara menghilangkan rasa gatal di kulit yang sudah tidak bisa ditahan mungkin bisa menggunakan tradisional yang sering penulis lakukan, yaitu mandi menggunakan air daun sirih. Jadi, daun sirih tersebut direndam di dalam air panas/air mendidih. Kemudian, gunakan air tersebut untuk mandi. Sebelum menggunakan air tersebut untuk mandi, pastikan untuk meremas daun sirih yang sudah layu dan berubah warna tersebut. Ampas daun sirih jangan dibuang begitu saja, tapi manfaatkanlah untuk mengosok tubuh, dan garukkan ampas daun sirih tersebut dibagian yang gatal berkali-kali.

Jangan Garuk Menggunakan Kuku Tangan

Ketika kulit merasakan gatal yang luar biasa, pastikan agar jangan menggaruk menggunakan kuku. Ketika gatal itu tidak bisa ditahan, pastikan jangan digaruk, tetapi tekan saja menggunakan tangan. Ketika kulit digaruk menggunakan kuku, maka kuman-kuman akan berpindah dan berserang di balik kuku. Disinilah bibit penyebaran gatal dimulai. Sesuai fungsi tangan, tangan digunakan untuk banyak hal. Dari tangan ini nantinya akan memyalurkan kuman gatal ke bagian tubuh yang lain.

Itulah sekilas cara mengatasi rasa gatal. Segera bawa ke dokter spesialis kulit apabila gatal tidak kunjung-kunjung sembuh. Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu.

Loading...
Selanjutnya : Cerita Film Bioskop Radit Dan Jani
Sebelumnya: Efek Samping Obat Anti Biotik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar