Rasa Sakit pada Saat Melahirkan : Cara Mengatasi Rasa Sakit Pada Saat Melahirkan


Kondisi fisik dan kejiwaan perempuan hamil benar-benar harus terjaga, karena stamina yang kuat membantu proses persalinan. Namun karena bayangan sakit menjelang melahirkan itu menghantui, biasanya banyak calon bunda memilih jalan pintas dengan melahirkan secara operasi. Untuk mengurangi kekhawatiran sakit yang akan dirasakan para calon Bunda, baiknya kita mencari cara menguranginya sebelum memilih persalinan melalui operasi cesar.

Cara mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan bisa dipersiapkan sedari awal seperti; memperbanyak berjalan kaki sebelumnya untuk merenggangkan otot-otot disekitar kewanitaan, mengikuti senam hamil yang berguna untuk relaksasi  dan lainnya. Pada saat melahirkan bisa memilih  berbagai cara mengatasi rasa sakit pada saat melahirkan. Seperti cara Hypnobirthing dan Calmbirthing yang keduanya menawarkan teknik relaksasi menjelang melahirkan. Menggunakan obat-obatan yang aman selama proses persalinan banyak ditawarkan.

Seperti  metode Entonox yang merupakan metode mengurangi rasa sakit melalui penghirupan oksigen dan oksida nitrogen,dimana saat kontraksi datang, Bunda menghirup udara dari masker yang mengalirkan  oksigen tersebut ke otak untuk mematikan titik –titik syaraf penyebab nyeri. Metode injeksi Epidural melalui suntikan di ruang kosong tulang belakang bunda yang mengalirkan obat bius dan mematikan rasa didaerah panggul dengan kondisi tetap sadar. Metode Pethidine merupakan pemberian suntikan didaerah paha atau bokong, yang menyebabkan bunda mengantuk namun tetap sadar.  Bila tidak mau memilih metode semacam di atas, Bunda bisa memilih metode yang lebih alami seperti; mengubah posisi duduk, dimana tidak menentang gravitasi seperti membuka panggul, bersandar pada kursi atau suami.

Pemijatan dipanggul dan pinggul, yang konsisten mengarah kebawah, untuk lebih bagusnya dilakukan latihan sebelum hari kelahiran secara rutin.  Melakukan afirmasi terhadap diri sendiri merupakan bentuk mengurangi nyeri dengan mengatakan pada diri sendiri anda mampu melewati proses melahirkan ini. Memikirkan hal-hal yang menyenangkan adalah sebuah bentuk pengalihan yang jitu meski tak menghilangkan rasa nyeri yang datang.

Hal alami lainnya yang bisa dilakukan adalah selalu bergerak hingga menemukan posisi nyaman, terapi aroma yang  menenangkan, metode panas dingin dengan memakai botol yang berisi air hangat atau dingin diletakkan di sekitar pinggul, melalui akupuntur, dan paling tepat adalah teknik bernafas yang benar yang disebut psikopropilaksis, dengan bernafas yang benar Bunda dapat relaks dan otot-otot mengendur. Itulah beberapa cara mengatasi rasa sakit pada saat melahirkan, Bunda bisa memilih sesuai hati.

Selanjutnya : Hikmah Cerita Kristen Lucu
Sebelumnya: Dongeng Fabel Bahasa Inggris Si Kancil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar