Cara Mengatasi Terjadinya Kdrt


Ada berbagai cara mengatasi terjadinya kdrt di dalam rumah tangga. Salah satunya adalah perlunya komunikasi dua arah. Membina rumah tangga memang begitu indah dirasa bersama dan pahit juga dirasa bersama. Semua baik dan buruk sifat pasangan akan terlihat semua. Banyak pula ketika membangun bahtera rumah tangga, pertengkaran hebat diantara suami dan istri bisa saja terjadi. Pemicunya disebabkan oleh banyak hal, bisa karena faktor finansial, perselingkuhan dan masalah lain. Masalah-masalah kecil seperti inilah yang memicu orang juga melakukan tindakan kdrt. Berikut adalah cara meminimalisir KDRT.

Mengkomunikasikan Masalah kepada Pasangan

Sumber terjadinya masalah bisanya disebabkan oleh miskomunikasi antara suami dan istri. Adanya perbedaan informasi yang memicu percikan permasalahan di dalam rumah tangga. Di dalam rumah tangga, pertengkaran karena muncul rasa cemburu wajar dan boleh-boleh saja. Itu tanda bahwa masih ada rasa cinta satu sama lain. Yang menjadi tidak wajar dan menjadi masalah itu ketika kemarahan tidak dilandasi apa-apa.

Meluangkan Waktu Bersama

Cobalah untuk meluangkan waktu bersama. Jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing. LuangkanĀ  waktu khusus untuk berkumpul bersama suami atau istri. Di sinilah kesempatan untuk membangun kepercayaan satu sama lain. Ketika rasa percaya itu sudah tertanam, kecil kemungkinan untuk terjadinya pertengkaran kecil.

Saling Mengalah

Rumah tangga tidak luput yang namanya adu pendapat yang berbeda. Kedewasaan berfikir saat masalah itu datang tentu saja sangat diperlukan. Salah satu bentuk kedewasaan itu adalah saling mengalah. Jangan sekali-kali mengedepankan emosi dan menuruti emosi, karena apapun yang mengandalkan emosi secara berlebihan akan semakin memperparah keadaan. Tempatkan emosi pada tempatnya.

Konsultasikan dengan Psikolog

Jika masalah berkepanjangan dan tidak kunjung selesai juga, maka langkah yang harus diambil adalah mengkonsultasikannya kepada yang lebih ahli, yaitu ke psikolog. Ada kemungkinan ketika datang ke spikolog suami dan istri harus datang, karena dalam pengambilan assessment seorang klien, seorang psikolog harus mendengar pernyataan dari dua belah pihak.

Jadi cara mengatasi terjadinya kdrt jika dibangun sejak sebelum menikah tidak ada salahnya. Jika KDRT sudah terjadi, carilah bantuan karena jika dibiarkan, ditakutkan tindakan KDRT akan berulang.

Selanjutnya : Seputar Review JF Sulfur Acne Care
Sebelumnya: Ragam Budaya Madura Yang Terkenal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar