Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Cepat Beli Mobil

Bagaimana cara mengatur keuangan agar bisa cepat beli mobil? Pertanyaan sering muncul ketika Anda memang sudah menginginkan mobil yang sudah diidam-idamkan dari dulu, apalagi kebutuhan akan mobil pada saat sekarang ini sudah dianggap bukan sebagai barang mewah lagi. Baik itu untuk mobil keluarga atau pun pribadi.

Tentukan Anggaran

Loading...

Membeli mobil setidaknya ada dua cara yaitu cash dan kredit, maka Anda bisa menentukan mau beli cash atau credit. Sesuaikan anggaran mobil yang jadi incaran, misalkan saja harga mobil incaran adalah 150 juta, kalau mau pilih cash setidaknya tentukan target pembelian mobil dengan asumsi kenaikan 10% per tahunnya. Jadi, setelah tabungan mencapai lebih banyak 20% dari anggaran maka Anda bisa langsung membeli mobil.

Sedangkan pembelian dengan kredit, setidaknya harus mengumpulkan anggaran sebasar 30% dari harga mobil, sebesar 50 juta untuk uang muka plus 10% dari harga mobil untuk asuransi dan administrasi. Siapkan 65 juta-an untuk uang muka. Setelah itu yang Anda lakukan adalah membayar cicilan bulanan tergantung dengan lamanya cicilan yang Anda ambil, misalnya dengan jangka waktu 3 tahun. Dalam hal ini, Anda juga perlu memperhatikan suku bunga dari kredit tersebut.

Perencanaan yang Matang

Kalau Anda sudah melakukan survei jenis mobil apa yang diinginkan, maka hal yang terpenting adalah sebuah perencanaan yang matang. Setelah melakukan hitung-hitungan anggaran, jenis mobil, suku bunga kalau akan membeli kredit dan informasi tentang mobil itu sendiri. Informasi baik tentang plus minus mobilnya, cara pembeliannya, dan tempat pembelian.

Maka langkah selanjutnya adalah dengan menabung sesuai dengan target. Cara menabung bisa dengan banyak hal, di antaranya menyimpan uang dalam bentuk debit setiap bulannya, mendopesitkan uang yang ada sementara sehingga tidak bisa diganggu-gugat sampai tabungan cukup. Atau dengan cara mengikuti tabungan berjangka di bank, sehingga bisa diambil sesuai target Anda membeli mobil.

Komitmen Menabung

Tips selanjutnya adalah Anda harus bisa menjaga komitmen menabung untuk anggaran membeli mobil. Sematang apa pun rencana yang Anda buat, kalau tidak komitmen menabung bisa-bisa anggaran yang ditetapkan tidak akan tercapai sesui jangka waktu yang ditargetkan. Jadi, menabung untuk membeli mobil dijadikan prioritas utama. Ikut membuka tabungan berjangka di bank, bisa membantu komitmen menabung Anda.

Kalau ternyata anggaran untuk beli mobil baru belum sesuai dengan kondisi anda saat ini, membeli mobil bekas bisa juga dijadikan pilihan. Keputusannya ada pada Anda tergantung cara mengatur keuangan agar bisa cepat beli mobil apakah itu baru atau bekas.

Loading...
Selanjutnya : Keunikan Chairil Anwar Waktu Kecil, Masa Remaja, dan Karyanya
Sebelumnya: Aplikasi Mobile Java
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar