Cara Mengedit Foto di Laptop dengan Berbagai Macam Aplikasi


Mengedit foto agar tampak lebih bagus untuk dipandang mata sudah bukan hal yang aneh dilakukan oleh pemiliknya. Apalagi cara mengedit foto di laptop pada saat ini lebih mudah diterapkan berkat adanya aplikasi edit foto. Sudah banyak tersebar di internet, aplikasi edit foto yang mudah dipasang dan dipakai serta panduan penggunaannya.

Edit Foto

Berbicara mengenai modifikasi foto maka terlintas dipikiran orang akan langsung tertuju kepada sebuah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan bernama Adobe. Aplikasi Photoshop, merupakan aplikasi sudah dikenal luas dan dikuasai oleh setiap orang yang gemar memodifikasi foto. Faktor yang mendukung ialah ketersediaan bahan referensi belajar dalam bentuk tutorial maupun tips penggunaan.

Photoshop memiliki fitur-fitur lengkap untuk mengganti latar belakang, mengubah warna, memberi efek cahaya pada sebuah foto atau gambar dan sebagainya. Namun, fitur yang melimpah juga memberi pengaruh pada harga aplikasi yang sangat mahal. Di sisi lain, fitur-fitur tersebut membutuhkan spesifikasi memory dan processor yang tinggi padahal tidak semua fitur dipakai.

Photoscape, juga aplikasi edit foto yang memiliki kemampuan baik dalam rangka memenuhi keinginan dan kebutuhan editor foto. Aplikasi ini termasuk perangkat lunak di laptop yang cukup ringan dalam hal kebutuhan spesifikasi laptop. Pengguna dapat mengedit foto secara instan dan sederhana tanpa menemui kerumitan fitur-fitur yang tersedia.

Aplikasi lain untuk mengedit foto dan berbasis open source yang menjadi penantang kepopuleran aplikasi berbayar bernama, GIMP. Tampilan dan cara pengoperasian memang cukup mirip dengan photoshop tetapi sebenarnya memiliki perbedaan jauh. GIMP banyak dipilih oleh pengguna yang memiliki dana terbatas untuk membeli aplikasi berbayar dan menghindari aplikasi bajakan.

Adobe Lightroom, adalah aplikasi besutan perusahaan Adobe yang berfungsi untuk mengedit foto sekaligus pengaturan foto. Tool aplikasi ini memang tidak diperuntukkan untuk melakukan editing secara teliti yaitu piksel demi piksel. Untuk sekedar mengedit foto secara global, sederhana dan instan sudah cukup berguna.

Masih banyak aplikasi lain yang tersebar luas di internet yang berfungsi maksimal merubah foto, seperti Paint.net, ImageForge, MyPaint, dan sebagainya. Maka dari itu, cara mengedit foto di laptop dapat dipilih yang cocok dengan kebutuhan.

Selanjutnya : Jenis Lembaga Keuangan Non Bank di Indonesia
Sebelumnya: Berbagai Macam Program Pengolah Angka Yang Ada Saat Ini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar